Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Melalui Pengembangan Sumber Daya Guru dan Penerapan Teknologi Informasi (Studi Deskriptif Pada SMP Negeri Rintisan Standar Nasional (RSSN) di Wilayah Jampang Kulon Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat)

Main Author: Nursanti, Sari
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.upi.edu/9961/1/t_adpen_0805693_table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/9961/2/t_adpen_0805693_chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/9961/3/t_adpen_0805693_chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/9961/4/t_adpen_0805693_chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/9961/5/t_adpen_0805693_chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/9961/6/t_adpen_0805693_bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/9961/
http://repository.upi.edu
Daftar Isi:
  • Masalah pokok penelitian ini adalah efektivitas pembelajaran Inti kajian difokuskan pada faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran, meliputi pengembangan sumber daya guru dan penerapan teknologi informasi. Berdasarkan hal tersebut, pokok masalah yang diungkap dalam penelitian ini adalah seberapa besar kontribusi pengembangan sumber daya guru dan penerapan teknologi informasi terhadap efektivitas pembelajaran pada SMP Negeri Rintisan Standar Nasional (RSSN) di Wilayah Jampang Kulon Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat baik secara parsial maupun secara bersama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar kontribusi pengembangan sumber daya guru dan penerapan teknologi informasi dalam menunjang efektivitas pembelajaran di SMPN (RSSN) se wilayah Jampangkulon Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Setelah diketahui kontribusinya, maka diberikan saran sebagai masukan bagi pihak-pihak yang terkait dengan masalah yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) baik pengembangan sumber daya guru, penerapan teknologi informasi maupun efektivitas pembelajaran dianggap sudah baik.; 2) pengembangan sumber daya guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas pembelajaran sebesar 0,18; 3) penerapan teknologi informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas pembelajaran sebesar 0,151; 4) pengembangan sumber daya guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap penerapan teknologi informasi sebesar 0,49; dan 5) pengembangan sumber daya guru dan penerapan teknologi informasi secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas pembelajaran sebesar 0,22 Berdasarkan temuan di lapangan berkenaan dengan efektivitas pembelajaran dikontribusi oleh pengembangan sumber daya guru dan penerapan teknologi informasi di SMPN (RSSN) se wilayah Jampangkulon Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat menunjukkan bahwa pengembangan sumber daya guru dan penerapan teknologi informasi yang dilakukan dengan pelatihan sangat baik, dan diantara ketiga variabel, masing-masing memiliki hubungan yang positif dan signifikan.