MODEL PEMBELAJARAAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN PENDEKATAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP CAHAYA DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP
Daftar Isi:
- Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah melihat potensi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan inkuiri dalam meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa pada konsep cahaya di SMP. Disamping itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana tanggapan siswa terhadap pembelajaran konsep cahaya dengan mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan inkuiri. Metoda penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dan deskriptif yang dilakukan di salah satu SMP Negeri di Kota Gorontalo Propinsi Gorontalo dengan sampel siswa kelas VIII semester II. Kajian difokuskan pada penguasaan konsep, keterampilan berpikir kritis, keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan inkuiri, serta tanggapan siswa dan guru terhadap model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan inkuiri. Pengumpulan data dilakukan dengan tes awal dan tes akhir untuk penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis. Untuk melihat keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan inkuiri menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran serta angket siswa dan guru untuk menjaring tanggapan siswa dan guru terhadap penggunaan pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan inkuiri. Pengolahan data dilakukan dengan statistik uji-t untuk beda rerata N-gain mengunakan program SPSS. Hasil pengujian statistik menunjukkan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan inkuiri pada materi cahaya secara signifikan dapat lebih meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa dibandingkan dengan penggunaan model pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukan dari gain yang dinormalisasi penguasaan konsep untuk kelas eksperimen sebesar 0,63 lebih tinggi dibanding gain yang dinormalisasi kelas kontrol sebesar 0,41. Begitu juga dengan gain yang dinormalisasi keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen sebesar 0,66 lebih tinggi dibanding gain yang dinormalisasi kelas kontrol sebesar 0,48. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan inkuiri dapat lebih meningkatkan penguasaan konsep cahaya dan keterampilan berpikir kritis siswa dibanding penggunaan model pembelajaran konvensional. Selain itu, tanggapan siswa dan guru setelah memperoleh pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan inkuiri pada konsep cahaya berespon positif (sangat baik), dimana siswa dan guru merasakan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan memberi nuansa baru dan melatihkan beberapa indikator keterampilan berpikir kritis.