TINGKAT KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU FISIKA SMP DI JAYAPURA SERTA HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mendapat gambaran tentang tingkat kompetensi pedagogik dan profesional guru fisika SMP di Jayapura serta hubungannya dengan hasil belajar fisika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, yang dilaksanakan di beberapa SMP di Kota Jayapura Papua pada tahun pelajaran 2008/2009 pada subyek guru mata pelajaran Fisika. Teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui tes kompetensi pedagogik dan profesional guru, pengamatan dan penilaian kinerja guru, angket, portofolio, pedoman wawancara dan tes pemahaman konsep siswa. Pengolahan data dilakukan dengan analisis deskriptif dan uji korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata tingkat kompetensi pedagogik, tingkat kompetensi profesional guru fisika SMP dan hasil belajar fisika siswa di Kota Jayapura berturut-turut sebesar 6,2; 5,1 dan 5,1 (pada skala 0-10). Terdapat hubungan yang signifikan antara Tingkat Kompetensi Pedagogik dan Tingkat Kompetensi Profesional Guru Fisika SMP terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa di Kota Jayapura, dengan nilai Rhitung (koefisien korelasi ganda) sebesar 0,76. Siswa memberikan tanggapan positif terhadap pelaksanaan pembelajaran Fisika. Disimpulkan bahwa tingkat kompetensi pedagogik guru-guru fisika SMP di Kota Jayapura adalah layak dan berada pada grade B, sedangkan tingkat kompetensi profesional guru fisika SMP dikota Jayapura adalah tidak layak (grade C), hasil belajar fisika siswa SMP di Kota Jayapura rendah dan belum memenuhi kriteria ketuntasan belajar minimal sebesar 7,5 (75%). Terdapat hubungan yang signifikan antara Tingkat Kompetensi Pedagogik dan Tingkat Kompetensi Profesional Guru Fisika SMP terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa di Kota Jayapura, dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,58. Kata kunci : kompetensi pedagogik, kompetensi profesional dan hasil belajar fisika