Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menelaah perbedaan peningkatan kemampuan analogi dan generalisasi matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan SAVI berbantuan Wingeom dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Selain itu diungkap pula aktivitas dan sikap siswa dalam pembelajaran dengan pendekatan SAVI berbantuan Wingeom. Desain penelitian ini adalah kelompok eksperimen dan kontrol dengan pretest dan posttest. Kelompok eksperimen memperoleh pembelajaran dengan pendekatan SAVI berbantuan Wingeom dan kelompok kontrol memperoleh pembelajaran konvensional. Untuk memperoleh data penelitian digunakan instrumen berupa tes kemampuan analogi dan generalisasi matematis, skala sikap siswa, dan lembar observasi. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama dengan level menengah (sedang). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 29 Bandung dengan sampel adalah siswa kelas VII-I sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII-F sebagai kelompok kontrol yang dipilih dengan teknik purposive sampling, yaitu pengambilan sampel dengan tujuan siswa di kelas tersebut mampu mengoperasikan komputer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan analogi dan generalisasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan SAVI berbantuan Wingeom lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Berdasarkan analisis data skala sikap siswa menunjukkan sikap siswa yang positif terhadap pembelajaran dengan pendekatan SAVI berbantuan Wingeom.