ctrlnum 9374
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.upi.edu/9374/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN ANIMASI DAN SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA</title><creator>Adimayuda, Rizal</creator><subject>L Education (General)</subject><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><subject>QC Physics</subject><description>Hasil studi pendahuluan pada salah satu SMA Negeri di kota Bandung bahwa metode pembelajaran fisika belum memaksimalkan penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Rendahnya rata-rata prestasi belajar siswa juga menjadi salah satu permasalahan yang ditemukan oleh peneliti. Selain itu, sumber belajar siswa masih dibatasi pada buku sumber saja, tidak memanfaatkan perkembangan teknologi yang sudah berkembang. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan animasi dan simulasi merupakan salah satu solusi untuk mengatasi masalah yang ditemukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi experiment sedangkan desain penelitian yang digunakan yaitu one group pretest-postest design yang dilakukan sebanyak tiga kali. Penelitian ini dilakukan di kelas XI pada salah satu SMA Negeri di kota Bandung. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes prestasi belajar berupa tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda. Dari hasil penlitian menunjukan rata-rata gain ternormalisasi &lt;g&gt; antara pretest dan postest, menghasilkan gain &lt;g&gt; sebesar 0,48, hal ini menunjukkan bahwa peningkatan prestasi belajar siswa pada kategori sedang. Sedangkan peningkatan setiap jenjang kemampuan kognitif adalah kemampuan mengingat (C1) dan kemampuan menganalisis (C4) berada pada kategori tinggi, memahami (C2) berada pada kategori rendah, dan menerapkan (C3) terdapat pada kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe STAD berbantuan animasi dan simulasi dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa.</description><date>2012-12-28</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/9374/1/s_fis_0807562_table_of_content.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/9374/2/s_fis_0807562_chapter1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/9374/3/s_fis_0807562_chapter2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/9374/4/s_fis_0807562_chapter3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/9374/5/s_fis_0807562_chapter4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/9374/7/s_fis_0807562_chapter5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/9374/8/s_fis_0807562_bibliography.pdf</identifier><identifier> Adimayuda, Rizal (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN ANIMASI DAN SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA. S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia. </identifier><relation>http://perpustakaan.upi.edu.</relation><recordID>9374</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Book:eBookSection
author Adimayuda, Rizal
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN ANIMASI DAN SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA
publishDate 2012
topic L Education (General)
LB1603 Secondary Education. High schools
QC Physics
url http://repository.upi.edu/9374/1/s_fis_0807562_table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/9374/2/s_fis_0807562_chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/9374/3/s_fis_0807562_chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/9374/4/s_fis_0807562_chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/9374/5/s_fis_0807562_chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/9374/7/s_fis_0807562_chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/9374/8/s_fis_0807562_bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/9374/
http://perpustakaan.upi.edu.
contents Hasil studi pendahuluan pada salah satu SMA Negeri di kota Bandung bahwa metode pembelajaran fisika belum memaksimalkan penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Rendahnya rata-rata prestasi belajar siswa juga menjadi salah satu permasalahan yang ditemukan oleh peneliti. Selain itu, sumber belajar siswa masih dibatasi pada buku sumber saja, tidak memanfaatkan perkembangan teknologi yang sudah berkembang. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan animasi dan simulasi merupakan salah satu solusi untuk mengatasi masalah yang ditemukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi experiment sedangkan desain penelitian yang digunakan yaitu one group pretest-postest design yang dilakukan sebanyak tiga kali. Penelitian ini dilakukan di kelas XI pada salah satu SMA Negeri di kota Bandung. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes prestasi belajar berupa tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda. Dari hasil penlitian menunjukan rata-rata gain ternormalisasi <g> antara pretest dan postest, menghasilkan gain <g> sebesar 0,48, hal ini menunjukkan bahwa peningkatan prestasi belajar siswa pada kategori sedang. Sedangkan peningkatan setiap jenjang kemampuan kognitif adalah kemampuan mengingat (C1) dan kemampuan menganalisis (C4) berada pada kategori tinggi, memahami (C2) berada pada kategori rendah, dan menerapkan (C3) terdapat pada kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe STAD berbantuan animasi dan simulasi dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa.
id IOS14013.9374
institution Universitas Pendidikan Indonesia
institution_id 44
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Pendidikan Indonesia
library_id 581
collection English Language Education
repository_id 14013
subject_area English/Bahasa Inggris
Teachers and Teaching/Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
city BANDUNG
province JAWA BARAT
repoId IOS14013
first_indexed 2020-06-22T08:26:06Z
last_indexed 2020-06-22T08:26:06Z
recordtype dc
_version_ 1670189767779680256
score 17.538404