DAMPAK PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER PENJAS TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF, AFEKTIF, DAN PSIKOMOTOR SISWA DI SMAN 1 WANAYASA KAB. PURWAKARTA
Daftar Isi:
- Masalahpokokdalampenelitianiniyaitu 1) Apakahterdapatdampak yang signifikandaripembelajaranpenjasterhadaphasilbelajarkognitifsiswa?, 2) Apakahterdapatdampak yang signifikandaripembelajaranpenjasterhadaphasilbelajarafektifsiswa?, 3) Apakahterdapatdampak yang signifikandaripembelajaranpenjasterhadaphasilbelajarpsikomotorsiswa?. Metode yang digunakandalampenelitianiniadalahmetodepenelitianex post facto, denganpopulasidansampelpenelitiannyaadalahsiswakelas X dan XI SMAN 1 WanayasaKabupatenPurwakartasebanyak40 orang, yaitu20 orang yang mengikutiekstrakurikulerpenjasdan 20 orang yang tidakmengikutikegiatanekstrakurikuler.Teknikanalisis data yang digunakanuntukpengujianhipotesisyaitudenganteknikujikesamaandua rata-rata denganduapihak,danpengujiannyadilakukanpadataraf = 0,05. Berdasarkanhasilpengolahan data dananalisskordiperolehhasilbahwa1) Tidakterdapatdampak yang signifikandaripembelajaranpenjasterhadaphasilbelajarkognitifsiswa, 2) Tidakterdapatdampak yang signifikandaripembelajaranpenjasterhadaphasilbelajarafektifsiswa, 3) terdapatdampak yang signifikandaripembelajaranpenjasterhadaphasilbelajarpsikomotorsiswa