Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam peningkatan kualitas pendidikan telah melahirkan inisiatif untuk mengembangkan sejumlah standar mutu yang dapat memberikan gambaran kemampuan organisasi memperagakan manajemen mutu. SMM ISO 9001:2000 merupakan standar diakui secara internasional yang berorientasi pada pengelolaan sistem manajemen mutu, adalah salah satu dari sekian banyak alternatif yang dapat digunakan sebagai pendekatan bagi suatu institusi dalam mengelola proses pencapaian kualitas. SMK N 3 Palangka Raya adalah salah satu institusi pendidikan yang telah menerapkan SMM ISO 9001:2000 sejak tahun 2007. Metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif digunakan untuk mengumpulkan, mendeskripsikan, dan menganalisis tentang hal-hal yang berhubungan dengan implementasi ISO 9001:2000 dalam penjaminan mutu kinerja SMK Negeri 3 Palangka Raya dengan fokus masalah: 1) Bagaimana perencanaan dan desain, 2) Bagaimana implementasi, 3) Bagaimana hasil yang dicapai, dan 4) Bagaimana kendala dan tantangan yang ditemui dalam implementasi SMM ISO 9001:2000 dalam penjaminan mutu kinerja SMK Negeri 3 Palangka Raya. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa implementasi SMM ISO 9001:2000 membantu memberi kerangka kerja bagi manajemen sekolah untuk melakukan perbaikan berlanjut dan meningkatkan kepuasan pengguna layanan. Konsep siklus PDCA yang menjadi filosofi ISO dalam upaya melakukan perbaikan berkelanjutan dapat dijabarkan kedalam setiap proses-proses yang ada dalam unit kerja dan pada sistem secara keseluruhan dalam lingkungan SMK N 3 Palangka Raya. Kata kunci: Sistem Manajemen Mutu, Penjaminan Mutu, Mutu, Kinerja