PENGEMBANGAN GREEN BEHAVIOR PADA SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM METODE PEMBELAJARAN EXAMPLES NON-EXAMPLES PADA MATA PELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR:Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Babakan Ciparay 3 Kota Bandung

Main Author: Indikka, Kanna
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.upi.edu/8917/1/t_pd_1007353_table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/8917/2/t_pd_1007353_chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/8917/3/t_pd_1007353_chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/8917/4/t_pd_1007353_chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/8917/5/t_pd_1007353_chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/8917/6/t_pd_1007353_chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/8917/7/t_pd_1007353_bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/8917/
http://repository.upi.edu
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan bagaimana mendesain tahap-tahap pembelajaran dalam upaya pengembangan green behavior dalam pembelajaran IPS melalui penggunaan media audio visual, kemudian mengetahui perkembangan perilaku siswa dalam hal green behavior selama melakukan tahap-tahap pembelajaran menggunakan model examples non-examples dengan media audio visual dan menerapkan green behavior dalam kehidupan mereka sehari-hari terutama di lingkungan sekolah. Green behavior bisa dimaknai sebagai perilaku yang tindakannya didasari oleh suatu nilai, norma dan aturan yang peduli terhadap lingkungan. Metoda yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan dengan memberikan tindakan pembelajaran di kelas pada siklus satu, dua, penguatan dan pembiasaan pada siklus tiga. Siklus ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada siswa mengenai materi green behavior dengan terlebih dahulu memberikan materi masalah sosial dan masalah sosial yang yang diakibatkan ketidakpedulian pada lingkungan di siklus satu, mengenai green behavior dan not green behavior di siklus dua,setiap pembelajaran materi ditampilkan melalui audio visual. Media ini dipakai dalam pembelajaran agar siswa lebih mudah memahami sehingga timbul suatu nilai dalam dirinya, yang mampu untuk bersikap dan mendorongnya untuk berperilaku sesuai dengan green behavior. Dalam tiap siklus, diberikan pula belajar kelompok melalui model examples non-examples dengan gambar-gambar yang sesuai kompetensi dasar. Temuan yang didapat dari penelitian ini adalah penggunaan media audio visual dalam model pembelajaran examples non-examples sangat membantu sekali dalam membentuk suasana belajar yang menyenangkan, lebih faktual dan kontekstual. Kesulitannya terletak pada kecakapan dalam mempersiapkan gambar-gambar yang tepat, sesuai dengan kompetensi dasar. Dalam penelitian ini, peneliti menjadi guru sedangkan guru mitra menjadi mitra dalam mengobserver peneliti. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa pengembangan green behavior melalui penggunaan audio visual dalam model examples non examples ini memungkinkan siswa untuk mampu secara kognitif, afektif dan psikomotorik, tidak hanya paham, tetapi juga menumbuhkan sikap yang mendorong untuk berperilaku peduli pada lingkungan di mulai dari lingkungan sekolahnya. Direkomendasikan, pengembangan green behavior ini dapat diterapkan di kelas yang lainnya sehingga dalam jangka panjang memudahkan tercapainya green school.