Daftar Isi:
  • Permasalahan penelitian yang dikaji adalah evaluasi implementasi manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMK Negeri 1 Cimahi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap data tentang: (1) Implementasi manajemen berbasis sekolah; (2) Mutu pendidikan; dan (3) Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMK Negeri 1 Cimahi. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian evaluasi jenis formatif, metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sementara subjek penelitian adalah peneliti sendiri yang langsung turun ke objek penelitian dan objeknya meliputi: kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru dan koimite sekolah SMK Negeri 1 Cimahi. Implementasi manajemen berbasis sekolah di SMK Negeri 1 Cimahi dapat dinyatakan efektif. Kemampuan manajerial yang ditunjukkan oleh kepala sekolah dalam kondisi sangat baik sehingga mendukung implementasi manajemen berbasis sekolah di SMK Negeri 1 Cimahi. Manajemen sekolah dalam mencapai tujuan tersebut melibatkan seluruh warga dan tingkatan organisasi sekolah melalui penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000 sebagai Lembaga Penyelenggara Pendidikan dan Pelatihan. Sementara mutu pendidikan di SMK Negeri 1 Cimahi menunjukkan kualifikasi baik. Hal tersebut secara kasat mata bisa dilihat dari hasil ujian nasional yang berada di atas rata-rata 7,00 yang merupakan target yang ditetapkan sekolah, daya serap lulusan ke industri dan perguruan tinggi mencapai 78%, dan peminat konsumen terhadap sekolah sangat tinggi dari tahun ke tahunnya. Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMK Negeri I Cimahi yaitu: (1) kepemimpinan dan manajemen. (2) Kondisi sosial, ekonomi dan apresiasi masyarakat terhadap pendidikan. (3) Dukungan pemerintah. (4) Profesionalisme. Kata Kunci : Evaluasi, dan Implementasi manajemen berbasis sekolah