EFEKTIVITAS METODE AL-BARQY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS ALQURAN PADA ANAK USIA 4 – 5 TAHUN Nomor Panggil
Main Author: | Maisura, - |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.upi.edu/8847/1/t_pd_0909949_table_of_contents.pdf http://repository.upi.edu/8847/2/t_pd_0909949_chapter1.pdf http://repository.upi.edu/8847/3/t_pd_0909949_chapter2.pdf http://repository.upi.edu/8847/4/t_pd_0909949_chapter3.pdf http://repository.upi.edu/8847/5/t_pd_0909949_chapter4.pdf http://repository.upi.edu/8847/6/t_pd_0909949_bibliography.pdf http://repository.upi.edu/8847/ http://repository.upi.edu/ |
Daftar Isi:
- Dilatarbelakangi oleh pentingnya metode pengajaran membaca dan menulis Alquran yang lebih baik bagi anak pada usia dini, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Alquran anak usia 4-5 tahun dengan metode Al-barqy. Dengan menggunakan metode penelitian eksperimen kuasi, pendekatan kuantitatif, dan desain “Nonequivalent Control Group Design”. Penelitian ini dilakukan di TKIT Al-Aqsho Kelurahan Sarijadi Kecamatan Sukasari Bandung selama sembilan kali pertemuan, dengan populasi penelitian semua anak kelas percobaan sekolah yang berjumlah 20 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Al-Barqy efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Alquran pada anak usia 4-5 tahun. Hal ini ditunjukkan dengan hasil tes akhir yang meningkat signifikan bila dibandingkan dengan hasil tes awal pada kelompok eksperimen. Perbandingan hasil tes akhir juga menunjukkan bahwa kelompok eksperimen lebih tingi secara signifikan dari pada kelompok kontrol. Dengan hasil penelitian tersebut, penulis merekomendasi kepada guru yang mengajar membaca dan menulis Alquran untuk menggunakan metode Al-barqy secara tepat dan bekerja sama dengan orang tua dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Alquran anak usia 4-5 tahun.