EFEKTIFITAS PERMAINAN KARTU BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH DAN PENGUASAAN KOSA KATA ANAK USIA DINI :Studi Eksperimen Kuasi Pada Kelompok B di Taman Kanak-kanak Santa Ursula Bandung Tahun Ajaran 2009 - 2010
Main Author: | Manuk, Herlina Nog |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.upi.edu/8842/1/t_pd_0808618_table_of_contents.pdf http://repository.upi.edu/8842/2/t_pd_0808618_chapter1.pdf http://repository.upi.edu/8842/3/t_pd_0808618_chapter3.pdf http://repository.upi.edu/8842/4/t_pd_0808618_chapter4.pdf http://repository.upi.edu/8842/4/t_pd_0808618_bibliography.pdf http://repository.upi.edu/8842/4/t_pd_0808618_chapter5.pdf http://repository.upi.edu/8842/ http://repository.upi.edu/ |
Daftar Isi:
- ermain sambil belajar dan belajar sambil bermain adalah slogan yang sering didengungkan dalam pendidikan anak usia dini. Bermain adalah dunia anak, . Oleh karena itu sedapat mungkin kehidupan seorang anak harus berselimutkan permainan yang tentu saja yang dapat membantu perkembangan anak usia dini. Ketika sedang bermain sebetulnya anak sedang belajar dan ketika ia belajar sebetulnya ia sedang bermain. Penggunaan alat dan media permainan yang cocok dapat menstimulasi perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas permainan kartu bergambar terhadap kemampuan memecahkan masalah dan penguasaan kosa kata anak usia dini. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode eksperimen kuasi (nonequivalent control group design) terhadap siswa kelas B TK Santa Ursula Bandung yang terdiri dari 15 siswa kelas eksperimen dan 15 siswa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, dan studi perpustakaan. Analisis data dilakukan dengan teknik kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran dengan menggunakan permainan kartu bergambar terhadap kemampuan memecahkan masalah anak usia dini meningkat lebih baik, dengan nilai N-Gain 0,584 pada kelas eksperimen dan 0,327, pada kelas kontrol, dan pada aspek penguasaan kosa kata anak usia dini meningkat lebih baik dengan nilai N-Gain 0,751 pada kelas eksperimen dan 0,542, pada kelas kontrol. Hal ini dikarenakan model pembelajaran dengan menggunakan permainan kartu bergambar telah dikenal dan familiar dengan situasi dan kondisi kehidupan anak sehari-hari. Selain itu metode permainan yang variatif seperti bermain tebak-tebakan, kalimat berantai, merangkai kata, cerita, diskusi gambar, pengamatan, pantomim gambar membuat anak semakin tertarik dan berpikir keras bagaimana menyusun kalimat dan melontarkan kata.. Perlakuan yang terus menerus atau kontinyu turut memberi pengaruh terhadap perkembangan kemampuan memecahkan masalah dan penguasaan kosa kata anak usia dini. Peneliti merekomendasikan agar model pembelajaran seperti ini dapat diterapkan dalam pembelajaran di Taman Kanak. Guru dituntut untuk kreatif dan sistematis dalam melakukan perencanaan, memilih kartu-kartu bergambar yang cocok dan variatif demi meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan penguasaan kosa kata anak usia dini.