PROGRAM BIMBINGAN MELALUI TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN SELF-EFFICACY KARIR PESERTA DIDIK : Penelitian Quasi Experiment Pada Peserta Didik Kelas X SMKN 1 Masohi Kabupaten Maluku Tengah Tahun Ajaran 2011-2012
Daftar Isi:
- Penelitian ini ditujukan untuk menghasilkan Program Bimbingan Melalui Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Self-Efficacy Karir. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experiment, desain non-equivalent pretest-posttest control group design. Alat pengumpulan data berupa skala self-efficacy karir dan analisis efektivitas tersebut diuji dengan metode independent sample t-test. Penelitian dilaksanakan melalui empat tahapan yaitu: studi pendahuluan, uji rasional layanan, pelaksanaan layanan, dan pengungkapan akhir untuk melihat keefektifan pemberian layanan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) self-efficacy karir peserta didik secara umum berada pada kategori sedang; (2) program bimbingan melalui teknik role playing cukup mewakili untuk diujicobakan dalam rangka meningkatkan self-efficacy karir peserta didik; dan (3) program bimbingan melalui teknik role playing efektif untuk meningkatkan self-efficacy karir peserta didik. Hasil penelitian direkomendasikan untuk dimplementasikan di sekolah dalam upaya meningkatkan self-efficacy karir peserta didik. Rekomendasi penelitian ini ditujukan kepada kepala sekolah, guru BK dan peneliti selanjutnya.