UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK
Main Author: | Rohaetin, Ratna |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.upi.edu/8777/1/s_pgsd_0810436_table_of_content.pdf http://repository.upi.edu/8777/2/s_pgsd_0810436_chapter_i.pdf http://repository.upi.edu/8777/3/s_pgsd_0810436_chapter_ii.pdf http://repository.upi.edu/8777/4/s_pgsd_0810436_chapter_iii.pdf http://repository.upi.edu/8777/5/s_pgsd_0810436_chapter_iv.pdf http://repository.upi.edu/8777/6/s_pgsd_0810436_chapter_v.pdf http://repository.upi.edu/8777/ http://repository.upi.edu |
Daftar Isi:
- Matematika merupakan suatu bahan kajian yang memiliki objek abstrak dan dibangun melalui proses penalaran deduktif, yaitu kebenaran suatu konsep diperoleh sebagai akibat logis dari kebenaran sebelumnya sudah diterima, sehingga keterkaitan antar konsep dalam matematika bersifat sangat kuat dan jelas. Namun dari hasil pengamatan penulis selama mengajar pelajaran matematika kelas IV di Pabaki 3. Bahwa dalam proses pembelajaran, guru menitik beratkan pada aspek kognitif, menjelaskan yang ada pada buku teks, dan kadang-kadang menjelaskan apa yang ada dalam buku tersebut dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari. Hal ini menyebabkan kurangnya kesempatan yang diberikan kepada siswa untuk menggunakan imajinasinya dalam proses pembelajaran serta melihat hasil tes akhir hanya banyak siswa yang memperoleh nilai di bawah nilai KKM 65. Pendekatan Matematika Realistik merupakan salah satu pendekatan dalam pembelajaran matematika yang di dalam pembelajarannya menempatkan realitas dan pengalaman siswa sebagai titik awal pembelajaran. Dan penulis pun ingin membuktikan sendiri keberhasilan siswa dalam belajar matematika dengan menggunakan Pendekatan Matematika Realistik. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan Pendekatan Matematika Realistik di kelas IV SDN Pabaki 3 . (2) Mengungkap aktivitas siswa dalam pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan pendekatan Matematika Realistik di kelas IV SDN Pabaki 3. (3) Untuk memperoleh gambaran peningkatan peningkatan pemahaman konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan dengan pendekatan Matematika Realistik di kelas IV SDN Pabaki 3. Dari hasil proses pembelajaran meningkatkan pemahaman konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui pendekatan matematika realistik, yang diharapkan dalam rumusan masalah terjawab sudah bahwa pemahaman konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat sudah mengalami kemajuan. Hal tersebut terbukti dari hasil evaluasi baik secara individu maupun secara kelompok. Nilai rata-rata kelompok siklus pertama adalah 72, siklus kedua adalah 80 dan siklus ketiga adalah 92. Sedangkan nilai rata-rata evaluasi siklus pertama adalah 66, siklus kedua adalah 74, dan siklus ketiga adalah 83.