Daftar Isi:
  • Penelitian dilaksanakan berdasarkan pada studi pendahuluan di Madrasah Aliyah Persis 99 Rancabango yang menunjukkan cukup tingginya tuntutan sekolah yang mencakup (1) tuntutan materi akademis sekolah berupa materi umum dan agama; (2) tuntutan adaptasi dari siswa karena mayoritas siswa tinggal di asrama berasal dari berbagai daerah; (3) munculnya kekhawatiran atas tingginya harapan orang tua setelah lulus MA; dan (4) belum adanya program khusus berupa program bimbingan kelompok atau program lainnya untuk membantu siswa dalam mengelola stres sekolah. Tujuan penelitian secara umum adalah tersusunnya suatu program bimbingan kelompok bagi siswa MA yang dapat meningkatkan kemampuan siswa mengelola stres sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain non equivalent pretest dan postest control group designs. Teknik pengambilan sampel mengacu pada sampling purposive atau subjek bertujuan. Alat pengumpul data berupa angket tingkat stres sekolah dan coping stres. Analisis data menggunakan statistik inferensial dengan teknik uji t atau t-test. Hasil yang diperoleh adalah program bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa mengelola stres sekolah. Penelitian merekomendasikan program bimbingan kelompok menjadi acuan dan pedoman untuk membantu siswa mengelola stres sekolah