MODEL PEMBELAJARAN KALIMAT EFEKTIF DALAM PENULISAN NASKAH PIDATO DENGAN STRATEGI PATRISIPATIF PADA SISWA KELAS IX MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KASOMALANG KABUPATEN SUBANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Daftar Isi:
- Latar belakang dilaksanakannya penelitian ini didasarkan pada kenyataan bahwa masih banyak permasalahan dalam pembelajaran menulis, antara lain mengenai penggunaan kalimat efektif dalam penulisan naskah pidato. Sehubungan dengan itu, penulis ingin mencoba sebuah strategi pembelajaran, yaitu strategi partisipatif. Strategi partisipatif digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis naskah pidato dengan menggunakan kalmat efektif. Model pembelaajaran ini dicobakan pada siswa kelas IX Madrasah Tsanawiyah negeri Kasomalang Kabupaten Subang. Rumusan masalah penelitian ini adalah:(1) bagaimana model perencanaan pembelajaran kalimat efektif dalam penyusunan teks pidato dengan menggunakan strategi partisipatif?, (2) bagaimana model pelaksanaan pembelajaran kalimat efektif dalam penyusunan teks pidato dengan menggunakan strategi partisipatif?, dan (3) bagaimanakah hasil pembelajaran menulis naskah pidato setelah diberlakukan strategi partisipatif? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaaan, pelaksanaan, dan hasil pembelajaran menulis naskah pidato dengan menggunakan kalimat efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain satu kelompok diberi tes awal dan tes akhir (the one group pretest and posttest design}. Penelitian ini berjalan lancar. Siswa antusias mengikuti proses pembelajaran. Dengan strategi partisipatif, keaktifan siswa tampak dan dapat diamati. Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata tes awal sebesar 15,83 dan tes akhir 20,63. Berarti kemampuan menulis teks pidato siswa terjadi peningkatan sebesar 4,80 poin atau 30,32%. Hal ini didukung oleh analisis statistik inferensial, yaitu hasil uji-t antara nilai rata-rata tes akhir dibandingkan dengan nilai rata-rata tes awal, diperoleh t hitung= 19,878 dan t tabel=2,301 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Karena t hitung (19,878) lebih besar daripada t tabel (2,301), dapat dikatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Dengan adanya perbedaan tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi partisipatif efektif dapat meningkatkan hasil pembelajaran kalimat efektif dalam menulis naskah pidato. Sehubungan penelitian tentang model pembelajaran kalimat efektif dalam menulis naskah pidato ini belum sempurna, masih terdapat kekurangan, disarankan supaya ada penelitian selanjutnya yang lebih mendalam.