EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN JASMANI MELALUI METODE KOOPERATIF DAN METODE EKSPLORASI UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK DAN INTERPERSONAL ANAK TAMAN KANAK-KANAK Studi Eksperimen Kuasi pada Anak Kelas B di TK Bhayangkari 43 Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang Tahun Ajaran 2012/2013

Main Author: Acesta, Arrofa
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.upi.edu/8308/7/t_pd_1009512_table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/8308/2/t_pd_1009512_chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/8308/3/t_pd_1009512_chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/8308/4/t_pd_1009512_chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/8308/5/t_pd_1009512_chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/8308/6/t_pd_1009512_chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/8308/8/t_pd_1009512_bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/8308/
http://repository.upi.edu
Daftar Isi:
  • Kecerdasan kinestetik dan kecerdasan interpersonal menjadi kebutuhan yang mendasar untuk anak usia dini dalam mencapai berbagai aspek pertumbuhan perkembangan. Peningkatan kecerdasan kinestetik dan interpersonal akan mencapai optimal, apabila pembelajaran anak usia dini sesuai dengan kematangan tahap pertumbuhan dan perkembangan.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan pembelajaran metode kooperatif dan metode eksplorasi sebagai inovasi metode pembelajaran untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik dan interpersonal anak usia dini. Dua kelas TK digunakan dalam penelitian ini. Kelas B1 dengan jumlah 25 anak menggunakan metode pembelajaran kooperatif, dan kelas B2 dengan jumlah 25 anak menggunakan metode eksplorasi.Hasil analisis data menunjukkan bahwa kecerdasan kinestetik anak kelas B1 dengan metode pembelajaran kooperatif memiliki nilai rata-rata 32.96 atau 86.74 % dan N gain 9.64 atau 47.72 %, sedangkan kelas B2 dengan metode pembelajaran eksplorasi memiliki nilai rata-rata 31.36 atau 82.53 % dan N gain 9.48 atau 29.96 %. Kelas B1 dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif ternyata memiliki kemampuan kinestetik yang lebih tinggi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kecerdasan interpersonal anak kelas B1 dengan metode pembelajaran kooperatif memiliki nilai rata-rata 212.64 atau 85.06% dan N gain 43.88 atau 14.86 %, sedangkan kelas B2 dengan metode pembelajaran eksplorasi memiliki nilai rata-rata 211.04 atau 84.42 % dan N gain 41.96 atau 7.150 %. Kelas B1 dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif ternyata memiliki kemampuan interpersonal yang lebih tinggi. Hasil Uji t menunjukkan adanya perbedaan dalam peningkatan kecerdasan kinestetik dan interpersonal antara kelas B1 yang menggunakan metode kooperatif dan kelas B2 yang menggunakan metode eksplorasi. Rekomendasi penelitian ini, bahwa metode kooperatif dan metode eksplorasi dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik dan interpersonal anak usia dini, namun metode kooperatif lebih baik dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik dan interpersonal. Untuk peneliti selanjutnya hendaknya meneliti pada aspek lain yang ada pada anak usia dini seperti kreativitas, kognitif, moral, emosional dan bahasa. Kata Kunci Pembelajaran metode kooperatif dan metode eksplorasi untuk meningkatkan kecerdasan Kinestetik dan interpersona