PROGRAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGEMBANGKAN PENYESUAIAN DIRI SISWA :Studi Deskriptif di SMP Negeri 1 Majasari Kabupaten Pandeglang Tahun Pelajaran 2009-2010
Main Author: | Haeny, Ida Noor |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.upi.edu/8159/1/t_bk_0808228_table_of_content.pdf http://repository.upi.edu/8159/2/t_bk_0808228_chapter1.pdf http://repository.upi.edu/8159/3/t_bk_0808228_chapter2.pdf http://repository.upi.edu/8159/4/t_bk_0808228_chapter3.pdf http://repository.upi.edu/8159/5/t_bk_0808228_chapter5.pdf http://repository.upi.edu/8159/6/t_bk_0808228_bibliography.pdf http://repository.upi.edu/8159/ http://repository.upi.edu/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah merumuskan program hipotetik bimbingan kelompok untuk mengembangkan penyesuaian diri siswa SMP. Penelitian dirancang sebagai penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan inventori kemampuan penyesuaian diri siswa berbentuk skala model likert, merupakan modifikasi dari kemampuan penyesuaian diri siswa, dengan alasan sebagai berikut. Analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif. Analisis kuantitatif digunakan untuk memperoleh gambaran tentang penyesuaian diri siswa. Sedangkan pengukuran efektivitas bimbingan kelompok untuk mengembangkan penyesuaian diri siswa SMP Negeri 1 Majasari Kabupaten Pandeglang, menggunakan uji beda dua rata-rata (t-test). Tingkat kemampuan penyesuaian diri siswa SMP Negeri 1 Majasari Kabupaten Pandeglang tahun pelajaran 2009-2010 sebagian besar dalam kategori baik. Program bimbingan kelompok terbukti efektif untuk mengembangkan penyesuaian diri siswa dari kategori sedang menjadi kategori tinggi dan sangat tinggi. Direkomendasikan agar SMP Negeri 1 Majasari Kabupaten Pandeglang dapat memfasilitasi pengembangan bimbingan kelompok, serta melanjutkan pelaksanaan program bimbingan kelompok yang terintegrasi dalam program bimbingan dan konseling kepada seluruh siswa SMP Negeri 1 Majasari Kabupaten Pandeglang. Bagi guru bimbingan dan konseling selaku pelaksana layanan bimbingan kelompok dapat memberikan layanan yang bersifat preventif dan pengembangan kepada siswa dengan tujuan supaya siswa mampu memelihara dan mengembangkan kemampuan penyesuaian diri yang dimilkinya. Bagi peneliti selanjutnya, dapat melakukan eksperimen yang lebih memperdalam faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya penyesuaian diri siswa.