PEMBELAJARAN GAMELAN PELOG SALENDRO BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH UMUM
Daftar Isi:
- Media pembelajaran memiliki peranan yang besar dan berpengaruh terhadap pencapaian tujuan pendidikan yang diinginkan. Pengajaran seni musik mutlak membutuhkan alat atau media dalam pembelajarannya. Salah satu ranah dalam pembelajaran seni musik adalah pelajaran gamelan. Kendati demikian, pembelajaran gamelan di tingkat sekolah menengah umum jarang sekali diajarkan. Paling tidak terdapat tiga kendala yang dihadapi sekolah dalam proses belajar mengajar gamelan, antara lain: permasalahan sarana prasarana pendukung pembelajaran gamelan di sekolah, permasalahan kompetensi guru seni budaya yang tidak memahami kedalaman materi gamelan, dan materi ajar gamelan yang kurang komprehensif. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian berjudul Pembelajaran Gamelan Pelog Salendro Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Sekolah Menengah Umum ini dibuat. Melalui pengembangan media ajar ini diharapkan mampu memfasilitasi keterbatas-keterbatasan dan menjadikan tujuan pembelajaran tercapai secara optimal. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development atau R&D). Prosedur pengembangan multimedia interaktif gamelan Pelog Salendro ini berdasarkan standar pendidikan berbasis teknologi, yaitu “National Educational Technology Standards for Students (NET-S)”. Validasi media pembelajaran dilakukan dalam tiga ruang lingkup, yaitu validasi media, validasi materi, dan uji coba terbatas. Validasi media ditujukan untuk mendapatkan kelayakan rancangan sebagai media pembelajaran, ditinjau dari kualitas suara, tampilan, kemudahan pengoperasian, dan kemenarikan. Validasi materi ditujukan untuk mengetahui kesesuaian media pembelajaran dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SKKD) yang menjadi target belajar, serta hasil pembelajaran yang dapat memotivasi siswa untuk belajar mandiri. Uji coba terbatas ditujukan pada siswa untuk mendapatkan feedback dari penggunaanya secara langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran gamelan Pelog Salendro melalui multimedia interaktif ini mampu menggiring siswa untuk belajar secara mandiri (active learning) dan belajar secara berkelompok (cooperative learning). Keduanya terintegrasi secara utuh untuk mengasah keterampilan berfikir kritis dalam mengidentifikasi, memecahkan masalah, dan berkreasi melalui multimedia interaktif gamelan Pelog Salendro.