Daftar Isi:
  • Pembelajaran IPA merupakan bagian pembelajaran yang sangat penting bagi siswa sebagai bekal untuk mengembangkan berbagai ilmu IPA itu sendiri ilmu yang lain. Pembelajaran IPA di kelas IV SD masih kurang mendapat perhatian serius dari siswa seperti kurang respon positif ketika guru menerangkan sehingga hasilnya masih rendah yakni di bawah KKM yang ditentukan. Sehubungan dengan hal tersebut, maka dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, aktivitas, dan hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat benda dengan menggunakan metode eksperimen. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SD Negeri Cidomba sebanyal 34 orang. Instrumen penelitian yaitu lembar observasi, tes, lembar wawancara, dan angket. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa perencanaan pembelajaran menggunakan metode eksperimen dilakukan dengan menekankan kepada kegiatan siswa yang meliputi merumuskan masalah, mengajukan hipotesis, mengumpulkan data melalui eksperimen, dan membuat kesimpulan.Penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran sifat-sifat benda. Hal tersebut terbukti oleh hasil pengamatan terhadap aktivitas siswa siklus I yaitu 66,88%, siklus II yaitu 77,35%, dan siklus III yaitu 86,78%. Penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil pembelajaran siswa dalam pembelajaran sifat-sifat benda. Hal tersebut terbukti oleh tes secara kelompok siklus I mencapai nilai rata-rata 78,33; siklus II yaitu 86,67; dan siklus III yaitu 90. Hasil tes secara individu siklus I yaitu 65 dengan tingkat ketuntasan 61,76%, siklus II mencapai nilai rata-rata 78,09 dengan tingkat ketuntasan 91,18%, dan siklus III mencapai nilai rata-rata 80,59 dengan tingkat ketuntasan belajar 100%.