PENGGUNAAN STRATEGI PREDICT–OBSERVE–EXPLAIN (POE) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SMP PADA MATERI TEKANAN
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan penguasaan konsep Fisika khususnya konsep-konsep pada materi Tekanan dengan mennggunakan strategi pembelajaran POE. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII salah satu SMP Negeri di Bandung sebanyak 1 kelas dengan jumlah 38 siswa pada semester ganjil tahun ajaran 2012/2013. Metode penelitian yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian tersebut adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian pre-test and post-test one group design tanpa ada kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan untuk menarik kesimpulan penelitian ini berupa soal tes penguasaan konsep dengan 4 opsi. Setelah dilakukan penelitian, ditemukan bahwa penerapan strategi pembelajaran POE secara keseluruhan dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa SMP pada materi Tekanan. Hal ini ditunjukkan dengan skor rata-rata N-gain yang diperoleh sebesar 0,39 dengan kriteria sedang. Dari hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) merupakan strategi pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa.Kata Kunci: Strategi pembelajaran POE, Penguasaan konsep