SUPERVISI PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN OLEH KEPALA SEKOLAH, GURU PAMONG DAN DOSEN PEMBIMBING DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KEMAMPUAN MENGAJAR MAHASISWA
Daftar Isi:
- Penelitian ini mengungkapkan supervisi program pengalaman lapangan yang merupakan salah satu aspek penting dalam program pengalaman lapangan yang merupakan bagian integral dari "struktur program kurikulum Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (dalam hal ini IKIP). Dengan demikian, kualitas keluaran (out put) IKIP akan dipengaruhi oleh efektivitas program pengalaman lapangan. Penelitian ini bertitik tolak dari kajian para pakar pendidikan yang menyatakan bahwa mutu mengajar guru-guru di sekolah dianggap masih rendah sebagai akibat dari rendahnya mutu lulusan IKIP. Selain daripada itu,kepala se kolah, guru pamong dan dosen pembimbing di samping mempunyai tugas utamanya masing-masing, juga tidak dipersi apkan dan atau diadakan peningkatan kemampuan kepembimbingan sesuai dengan peranannya sebagai supervisor prog ram pengalaman lapangan. Kemudian, berdasarkan hasil studi penjajagan, hasil yang dicapai oleh beberapa orang mahasiswa yang berleitan dengan praktek mengajar masih adanya beberapa kelemahan. Yang menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini (fokus penelitian) adalah pola bantuan layanan yang dilakukan oleh kepala sekolah, guru pamong dan dosen pembimbing dalam upaya meningkatkan ke mampuan mengajar mahasiswa.