Daftar Isi:
  • Skripsi yang berjudul “Pengembangan Video Pembelajaran yang Mengintegrasikan Level Makroskopik, Submikroskopik dan Simbolik pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit” ini bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran yang mengintegrasikan level makroskopik, submikroskopik dan simbolik pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Tahapan penelitian meliputi survey pembelajaran materi kimia, analisis kurikulum, RPP, dan materi; pembuatan rancangan video, pengembangan video dengan animasi kemudian dimintakan pandangan dari guru dan siswa. Konsep yang memerlukan penjelasan level submikroskopik adalah proses pelarutan zat di dalam air dan pergerakan molekul dan ion dalam larutan sebelum dan sesudah dialiri arus listrik. Menurut guru, video yang dikembangkan memiliki kualitas yang baik dan dapat digunakan dalam pembelajaran. Siswa berpandangan bahwa video yang dikembangkan menarik untuk mempelajari materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Kata kunci: Pengembangan Video, Level Makroskopik, Level Submikroskopik, Level Simbolik, Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. Research entitled "Development the Learning Video that Integrates Macroscopic, Sub-Microscopic, and Symbolic Level in Electrolyte and Nonelectrolyte Solution" is aimed to produce the learning videos that integrates macroscopic, sub-microscopic, and symbolic level in electrolyte and nonelectrolyte solution. Stages of the research include surveys about chemistry learning, curriculum analysis, RPP analysis, and subject analysis; making the design of video, development video with animation, then be requested the views from teachers and students.