PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN (PAIKEM) TERHADAP HASIL BELAJAR PERMAINAN BOLAVOLI
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM) terhadap hasil belajar permainan bolavoli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI RPL SMKN 2 Kota Bandung yang berjumlah 39 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah jenis sampling insidental. Sedangkan uji hipotesis dengan menggunakan taraf kepercayaan 99% titung > ttabel yaitu 18,8 > 2,65 karena adanya perbedaan yang signifikan antara hasil pretes dengan postes maka Ha (hipotesis kerja) diterima yaitu adanya pengaruh yang signifikan pada hasil belajar permainan bolavoli siswa kelas XI RPL SMKN 2 Kota Bandung sebelum dan sesudah menggunakan strategi Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM). Maka dari itu strategi Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM) mampu meningkatkan hasil belajar permainan bolavoli siswa kelas XI RPL SMKN 2 Kota Bandung. Kata kunci: Strategi PAIKEM, Hasil Belajar Permainan Bolavoli