MODEL PEMBELAJARAN TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN CISANGKU KECAMATAN CURUG PADA KONSEP PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI
Daftar Isi:
- Penelitianinidilatarbelakangisetelahdilakukanobservasi, bahwabanyaksiswakelas IV SDN Cisangkukurangmemahamipembelajaranperkembanganteknologikomunikasi, pembelajaran IPS cenderungmenjadikeluhanbagisiswakarenadianggappelajaran yang membosankandansulit. Sertadilihatdarirendahnyahasilbelajar, dan guru hanyamenggunakanmetodebelajar yang klasikal (ceramahdantanyajawab) tanpamenggalikonseppengetahuansiswasehinggapembelajaranmenjadikurangefektif. Berdasarkanlatarbelakangmakarumusanmasalahnyaadalah; (1) bagaimanapenerapanmodel pembelajarandenganmenggunakantipeSTADpadasiswakelas IV SDN Cisangku?; (2) bagaimanapeningkatanhasilbelajarsiswakelas IV SDN Cisangkudenganmenggunakantipe STAD?. Berdasarkanrumusanmasalah, makatujuanpenelitianadalah; (1) untukmenerapkanpembelajarandenganmenggunakantipeSTADpadasiswakelas IV SDN Cisangku; (2) untukmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasIV SDNCisangku. DalampenelitianinipenelitimenggunakanmetodePenelitianTindakanKelas (PTK) dari model Kemmisdan Taggart. Penelitianinidilaksanakansebanyaktigasiklus, yang terdiriatasempattahapanyaituperencanaan, pelaksanaann, pengamatan, danrefleksisehinggadarisikluskesiklusdapatdiketahuiperkembangannyadandapatdiperbaikipadasiklusberikutnyajikamasihadapermasalahan yang belumteratasi.Hasilpenelitianiniadalah; (1) Guru dapatmenerapkan model pembelajarantipe STAD padakonsepperkembanganteknologikomunikasipadasiklus I mencapai52%; Siklus II 76%; danSiklus III 92%. (2) perolehanhasilbelajarsiswapadaSiklus I 44,7; Siklus II 52,7; danSiklus III 75,3 (3) presentasekeaktifanbelajarsiswapadaSiklus I 40%; Siklus II 60%; danSiklus III 92%. Pada tiapsiklusmengalamipeningkatan.Kesimpulan yang diperolehadalah; (1) guru dapatmenerapkanpembelajarandenganmenggunakantipeSTADpadasiswakelas IV SDN Cisangku; (2)denganmenggunakan model pembelajarantipe STAD dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelas IV SDN Cisangku. Dengandemikianbahwamenggunakan model STAD dalampembelajaran IPS padaperkembaganteknologikomunikasidapatmeningkatanhasilbelajarsiswa.Hasilpenelitianinidirekomendasikankepadaseluruhpihak yang terkaitgunamendukungpenelitianhasilbelajarsiswadan professional guru.