Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran peningkatan kemampuan bertanya dan penguasaan konsep siswa SMA sebagai hasil penerapan pembelajaran inkuri dengan science reflective journal writing. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain “nonequivalent control group design” yang dilaksanakan di salah satu SMA di kota Bandung, Jawa Barat. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes awal dan tes akhir untuk kemampuan bertanya dan penguasaan konsep, lembar observasi untuk melihat keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran inkuiri dengan science reflective journal writing dapat lebih meningkatkan kemampuan bertanya siswa tetapi tidak meningkatkan penguasaan konsep siswa secara keseluruhan dibanding pembelajaran inkuiri. Kemampuan siswa mengajukan pertanyaan meningkat dengan N-Gain 0,92 termasuk kategori tinggi. Ditinjau dari level pertanyaan yang diajukan, kemampuan siswa mengajukan pertanyaan level 2 meningkat sebesar 100%. Kemampuan siswa mengajukan pertanyaan level 3 meningkat sebesar 52%. Untuk rerata peningkatan penguasaan konsep siswa dengan skor N-gain 0,47 termasuk kedalam kategori sedang. Peningkatan tertinggi terjadi pada aspek mengaplikasikan (C3) sebesar 0,68 termasuk kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran inkuiri dengan science reflective journal writing dapat lebih meningkatkan kemampuan bertanya dan penguasaan konsep khususnya pada aspek mengaplikasikan (C3) secara signifikan dibandingkan pembelajaran inkuiri. Kata Kunci: Pembelajaran inkuiri dengan science reflective journal writing, science reflective journal writing, inkuiri, penguasaan konsep.