Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa dengan menggunakan model pembelajaran Time Token dengan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran TIK dengan berbantu multimedia. Tujuan dari Penelitian ini adalah 1)Mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan Model pembelajaran Time Token berbantu multimedia. 2) Mengetahui Minat siswa belajar dengan menggunakan model pembelajaran Time Token berbaantu multimedia. 3) Mengetahui efektivitas model pembelajaran Time Token berbaantu multimedia dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 2 Kuningan dengan mengambil kelas XI IPA 4 dan XI IPA 5. Metode yang digunakan apada penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan disain penelitian Pretest-Postest Nonequivalent Control Group. Instrumen yang digunakan berupa tes dan angket. Dari hasil Pretest dan Postest didapat nilai <g> sebesar 0.59. Dari hasil angket siswa yang mendeskripsikan model pembelajaran Time Token baerbantu multimedia diperoleh presentase sebesar 79.15%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Time Token berbantu multimedia memiliki efektifitas dalam peningkatan pemahaman siswa dalam mata pelajaran Pengenalan Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet. Model Pembelajaran Time Token berbantu multimedia juga mendapatkan respon yang positif dari siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran tersebut. Kata kunci : Model Pembelajaran Time Token, Pemahaman, TIK