MENINGKATKAN KEKUATAN OTOT TUNGKAI MELALUI PERMAINAN MENDAYUNG PADA PEMBELAJARAN KEBUGARAN JASMANI DI KELAS V SDN PAMULIHAN KECAMATAN SITURAJA KABUPATEN SUMEDANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi darihasiltespraktekkekuatanotottungkai di kelas VSDN Pamulihanmasihkurangmaksimal. Salah satucara yang dianggaptepatuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswadalampembelajarankekuatanotottungkaiadalahmelaluipermainanmendayung.PenelitianinimenggunakanmetodePenelitianTindakanKelas.Prosedurpelaksanaannyamengacupada model KemmisdanMc Taggart yang terdiridariempatlangkahpadasetiapsiklusnya, yaituperencanaan, pelaksanaan, observasiataupengamatandanrefleksi. Instrument yang digunakanyaitulembarobservasiperencanaanpembelajaran, kinerja guru, format observasiaktivitassiswa, format observasiteshasilbelajarkekuatanotottungkai, dancatatanlapangan.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmeningkatkanhasilbelajarkekuatanotottungkaikebugaranjasmani di kelas V SDN PamulihanKecamatanSiturajaKabupatenSumedang.Bersdasarkanhasilpelaksanaantindakan yang dilakukansebanyaktigasiklus, perencanaanpembelajaran, pelaksanaankinerja guru, aktivitassiswadanteshasilbelajarsiswadalampembelajaranpeningkatankekuatanotottungkaipadasetiapsiklusnyamengalamipeningkatan.Perencanaanpembelajaranpadasiklus I mencapai 77%, padasiklus II meningkatmenjadi91%, dansiklus III meningkatmenjadi 100% dengan target yang ditentukan 100%. Pelaksanaankinerja guru padasiklus I mencapai78%, padasiklus II meningkatmenjadi92%, siklus III meningkatmenjadi 100% dengan target yang ditentukan 100%. Aktivitassiswapadasiklus I mencapai50% darijumlahkeseluruhansiswa, padasiklus II meningkatmenjadi79% darijumlahkeselurhansiswadanpadasiklus III meningkatmenjadi96% darijumlahkeseluruhansiswa. Hasilteskekuatanotottungkaipadasiklus I mencapai19 siswaatau65% yang tuntas, siklus II meningkatmenjadi22 siswaatau 75% yang tuntas, siklus III meningkatmenjadi28 siswaatau97% yang tuntasdengan target yang ditentukanyaitu 95%.Dengandemikianpenelitianinituntasdalamtigasiklus.