Daftar Isi:
  • Berdasarkanhasilobservasidan test yang dilakukanpadasiswakelas IV SDN 1 BaleranteKecamatanPalimananKabupaten Cirebon, siswakurangmemahamigerakdasarlarisprint yang benardankinerja guru dalampembelajarankurangmenarikkarenatidakdikemasdalambentukpermainansehinggamembuatsiswakurangantusiasmengikutipembelajaran. Rumusanmasalahpenelitianiniyaituperencanaan, pelaksanaankinerja guru, pelaksanaanaktivitassiswahasilbelajarsiswapadapembelajarangerakdasarlarisprintmelalui model pembelajaranTeams Games Tournament (TGT). Sehinggapemecahanmasalahnyasebagaiberikutmembuatperencanaanpelaksanaanpembelajaran model Teams Games Tournament, melaksanakanpembelajarangerakdasarlarisprintmelalui model Teams Games Tournamentdanmenilaihasilpembelajarangerakdasarlarisprint. Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipembelajarangerakdasarlarisprintmelalui model pembelajaranTeams Games Tournaments (TGT) kedalampermainan.Penelitianinimenggunakanmetodepenelitiantindakankelas.Prosedurpelaksanaanyamengacupada model Kemmis and Taggart yang terdiridari4 langkahsetiapsiklusnya, yaituperencanaan, pelaksanaan, observasidanrefleksi.Instrument yang digunakanlembarobservasiperencanaanpembelajaran, lembarobservasikinerja guru, lembarobservasiaktivitassiswa, danlembarhasilbelajargerakdasarlarisprint.Data awalhasilbelajarsiswamenggambarkandari 30 siswahanya5 siswa (17%) yang tuntasbelajardan 25 siswa (83%) yang mendapatnilaidibawah KKM. Setelahdilakukantindakan, hasiltes yang diperolehpadasiklus I menggambarkanbahwasiswa yang tuntasbelajarbertambahmenjadi 9 siswa (30%)dansiswa yang tidaktuntasbelajarberkurangmenjadi 21 siswa (70%) dari 30 siswa. Perolehanhasiltespadasiklus II menunjukanpeningkatanyaitusiswa yang tuntasbelajarmeningkatkanmenjadi 18 siswa (60%) dansiswa yang tidaktuntassebanyak 12 siswa (40%). Sedangkanhasiltespadasiklus III meningkatmenjadi 25 siswa (83%) yang tuntasdansiswa yang belumtuntasberkurangmenjadi 5 siswa (7%) dari 30 siswa. Dengandemikianberhentipadasiklus III danterbuktibahwapenggunaandengan model pembelajaranTeams Games Tournaments (TGT) hasilbelajarsiswapadapembelajarangerakdasarlarisprinthasilnyameningkat