Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi darihasiltespraktekgerakdasarbackhand drive di kelas VI SDN I Banjarsarimasihkurangmaksimal. Salah satucara yang digunakan untukmeningkatkanhasilbelajarsiswadalampembelajarangerakdasarbackhand driveadalahmelaluimedia dinding. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa dan hasil belajar terhadap pembelajaran backhand drive melalui media dinding. Tujuanpenelitianiniadalahuntukmeningkatkangerakdasarbackhand drive di kelas VI SDN I BanjarsariKecamatanBanjarsariKabupatenCiamis.Penelitianinimenggunakanmetodepenelitiantindakankelas.Prosedurpelaksanaannyamengacupada model KemmisdanMc Taggart yang terdiridariempatlangkahpadasetiapsiklusnya, yaituperencanaan, pelaksanaan, analisisataupengamatandanrefleksi..Instrument yang digunakanyaitulembarobservasiperencanaanpembelajaran, kinerja guru.Bersdasarkanhasilpelaksanaantindakan yang dilakukansebanyaktigasiklus, perencanaanpembelajaran, pelaksanaankinerja guru, aktivitassiswadanteshasilbelajarsiswadalampembelajarangerakdasarbackhand drivepadasetiapsiklusnyamengalamipeningkatan. Perencanaanpembelajaranpadasiklus I mencapai75%, padasiklus II meningkatmenjadi 85%, dansiklus III meningkatmenjadi96% dengan target yang ditentukan90%. Pelaksanaankinerja guru padasiklus I mencapai74%, padasiklus II meningkatmenjadi88%, siklus III meningkatmenjadi96% dengan target yang ditentukan90%. Aktivitassiswapadasiklus I mencapai42% darijumlahkeseluruhansiswa, padasiklus II meningkatmenjadi 67% darijumlahkeselurhansiswadanpadasiklus III meningkatmenjadi 100% darijumlahkeseluruhansiswa. Hasiltesbelajargerakdasarbackhand drivepadasiklus I mencapai 11siswaatau 46% yang tuntas, siklus II meningkatmenjadi17 siswa