Daftar Isi:
  • Model pembelajaran merupakan hal yang penting dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani. Model TGT memudahkan dalam pencapaian proses pembelajaran kelincahan dalam kebugaran jasmani karena model TGT mempunyai tiga cakupan yang cocok untuk proses pembelajaran dalam penjas yaitu Team, yang keduaya itu Game, ketiga adalah Tournament. Jika pembelajaran kelincahan dalam kebugaran jasmani menggunakan model TGT maka sangat membantu untuk mencapai hasil pembelajaran yang sudah ditetapkan karena peserta didik akan merasa nyaman mempelajari kelincahan karena dikemas dengan permainan bersama tim mereka sendiri dan juga sangat menarik karena berada dalam suatu kompetisi atau turnamen. Permainan yang digunakan dalam pembelajaran ini yaitu permainan amil bendera. Tujuan dari penggunaan permainan ambil bendera dan model TGT pada pembelajaran kelincahan yaitu untuk memperoleh kemudahan bagi siswa dalam materi kebugaran jasmani. Selain itu penyajian pembelajaran menggunakan permainan ambil bendera dan model TGT diharapkan dapat menarik perhatian dan motivasi siswa sehinggga harapan untuk meningkatkan kelincahan dalam kebugaran jasmani tercapai. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, yaitu memahami, meningkatkan kemahiran belajar, memperbaiaki kondisi pembelajaran. Desain yang digunakan pada penelitian ini yaitu model spiral Kemmis dan Mc Taggart. Secara umum berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dari hasil temuan-temuan pada setiap siklus, pada siklus pertama terjadi peningkatan yang awalnya 7 siswa yang tuntas menjadi 11 siswa yang tuntas atau 46% dan pada siklus kedua menjadi 16 siswa yang tuntas atau 67%. Terjadi peningkatan dari siklus pertama kesiklus ke dua sekitar 21%. Dan pada siklus ke tiga meningkat menjadi 84%. Hal ini menunjukan bahwa pembelajaran kelincahan melalui permainan ambil bendera dan model TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam gerak kelincahan.