Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan berpikir rasional antara siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran CTL. Pada penelitian ini digunakan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian kelompok kontrol pretes-postes (pretest-posttest control group desain). Kelompok kontrol mendapatkan pembelajaran konvensional dan kelompok eksperimen mendapatkan pembelajaran CTL. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan berpikir rasional dan lembar obervasi guru dan siswa sebagai data penunjangnya. Populasi penelitian ini adalah siswa SD yang ada di kecamatan Situraja yang termasuk ke dalam kelompok sedang, sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu SDN Tegalsari sebagai kelompok kontrol dan SDN Pamulihan sebagai kelompok eksperimen. Uji prasyarat analisis yang dilakukan untuk menjawab semua rumusan masalah disini yaitu analisis data pretes, postes, dan gain ternormalisasi kemampuan berpikir rasional siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dari hasil perhitungan data pretes dan postes kelas kontrol dengan menggunakan uji-t