Daftar Isi:
  • Penelitian yang berjudul “PengaruhPenggunaan Media Audio Visual Film RangkaiTerhadapHasilBelajarSiswa SD kelas V PadaMateriDaur Air” bertujuan untukmengetahuipembelajaranmenggunakan media audio visual film rangkaiapakah akan meningkatkan hasilbelajar siswa secara signifikan pada materi daur air. Selainitujugauntukmengetahuibahwapembelajarandengan media audio visual film rangkailebihbaiksecarasignifikandaripadapembelajarankonvensional.Metodepenelitian yang digunakanyaitueksperimenmurni(true experimental) pengujianvariabelbebasdanvariabelterikatdilakukanterhadapsampelkelompokeksperimendankelompokkontrol. Populasipadapenelitianiniadalahseluruhsiswakelas V dariGugusdua yang ada di KecamatanSituraja.Sampel padapenelitianiniadalahkelas V dari SDN PamulihandankelasV SDN Sukajadi.Data penelitiandiperolehmelaluipretesdanpostestespemahamansiswapadamateridaur air, observasiaktivitassiswa, observasi kinerja guru, wawancara siswa, dan wawancara guru. Peningkatanhasilbelajarmelaluipembelajarankonvensionalmeningkatsecarasignifikandengantarafkepercayaan 95% begitujugadenganpeningkatanhasilbelajarmelaluipembelajarandenganmenggunakan media audio visual film rangkaimeningkatsecarasignifikan dengan taraf kepercayaan 95%.Peningkatankemampuanhasilbelajar yang signifikan.Pembelajarandengan media audio visual film rangkailebihbaiksecarasignifikandibandingkanpembelajarankonvensionaldengantarafkepercayaan 95%.