ctrlnum 5061
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.upi.edu/5061/</relation><title>PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAPAN PAHLAWANTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR KELAS V PADA MATERI TOKOH PEJUANG PADA MASA PENJAJAHAN BELANDA DI INDONESIA&#xD; &#xD; (Penelitian Eksperimen di Kelas V SDN Sepat dan SDN Panjalin Kidul IV&#xD; Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Majalengka)&#xD; </title><creator>Yuningsih, Cicih</creator><subject>PGSD Kelas UPI Kampus Sumedang</subject><description>Pembelajaran PIPS di SD bukan hanya memindahkan pengetahuan dari guru kepada siswa, tetapi juga mengembangkan segala kemampuan yang dimiliki siswa. Untuk itu diperlukan kesungguhan dan kreativitas dari guru, sebagai perancang pembelajaran agar pelaksanaannya tercapai maksimal. Maka guru sebagai fasilitator seharusnya meningkatkan kinerjanya dengan strategi atau media pembelajaran PIPS yang bervariasi agar suasana pembelajaran menjadi aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan, sehingga memudahkan peserta didik mencerna materi yang diberikan oleh guru. Oleh karena itu dilakukan suatu penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tokoh pejuang penjajahan Belanda di Indonesia melalui penggunaan media papan pahlawan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan design penelitian kelompok kontrol pretes-postes. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Kecamatan Sumberjaya, sedangkan yang menjadi sampel yaitu SDN Sepat dan SDN Panjalin Kidul IV. Instrumen yang digunakan yaitu angket respon dan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil perhitungan perbedaan rata-rata data pretes dan data postes kelas eksperimen dengan menggunakan uji U dan menggunakan </description><date>2013-06-01</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/5061/1/s_pgsd_kelas_0903316_title.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/5061/2/s_pgsd_kelas_0903316_table_of_content.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/5061/3/s_pgsd_kelas_0903316_chapter1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/5061/4/s_pgsd_kelas_0903316_chapter2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/5061/5/s_pgsd_kelas_0903316_chapter3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/5061/6/s_pgsd_kelas_0903316_chapter4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/5061/7/s_pgsd_kelas_0903316_chapter5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/5061/8/s_pgsd_kelas_0903316_bibliography.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/5061/9/s_pgsd_kelas_0903316_appendix.pdf</identifier><identifier> Yuningsih, Cicih (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAPAN PAHLAWANTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR KELAS V PADA MATERI TOKOH PEJUANG PADA MASA PENJAJAHAN BELANDA DI INDONESIA (Penelitian Eksperimen di Kelas V SDN Sepat dan SDN Panjalin Kidul IV Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Majalengka). S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia. </identifier><recordID>5061</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Yuningsih, Cicih
title PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAPAN PAHLAWANTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR KELAS V PADA MATERI TOKOH PEJUANG PADA MASA PENJAJAHAN BELANDA DI INDONESIA (Penelitian Eksperimen di Kelas V SDN Sepat dan SDN Panjalin Kidul IV Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Majalengka)
publishDate 2013
topic PGSD Kelas UPI Kampus Sumedang
url http://repository.upi.edu/5061/1/s_pgsd_kelas_0903316_title.pdf
http://repository.upi.edu/5061/2/s_pgsd_kelas_0903316_table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/5061/3/s_pgsd_kelas_0903316_chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/5061/4/s_pgsd_kelas_0903316_chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/5061/5/s_pgsd_kelas_0903316_chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/5061/6/s_pgsd_kelas_0903316_chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/5061/7/s_pgsd_kelas_0903316_chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/5061/8/s_pgsd_kelas_0903316_bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/5061/9/s_pgsd_kelas_0903316_appendix.pdf
http://repository.upi.edu/5061/
contents Pembelajaran PIPS di SD bukan hanya memindahkan pengetahuan dari guru kepada siswa, tetapi juga mengembangkan segala kemampuan yang dimiliki siswa. Untuk itu diperlukan kesungguhan dan kreativitas dari guru, sebagai perancang pembelajaran agar pelaksanaannya tercapai maksimal. Maka guru sebagai fasilitator seharusnya meningkatkan kinerjanya dengan strategi atau media pembelajaran PIPS yang bervariasi agar suasana pembelajaran menjadi aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan, sehingga memudahkan peserta didik mencerna materi yang diberikan oleh guru. Oleh karena itu dilakukan suatu penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tokoh pejuang penjajahan Belanda di Indonesia melalui penggunaan media papan pahlawan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan design penelitian kelompok kontrol pretes-postes. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Kecamatan Sumberjaya, sedangkan yang menjadi sampel yaitu SDN Sepat dan SDN Panjalin Kidul IV. Instrumen yang digunakan yaitu angket respon dan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil perhitungan perbedaan rata-rata data pretes dan data postes kelas eksperimen dengan menggunakan uji U dan menggunakan
id IOS14013.5061
institution DEFAULT
institution_type library:public
library
library DEFAULT
collection DEFAULT
city DEFAULT
province DEFAULT
repoId IOS14013
first_indexed 2020-06-22T08:24:25Z
last_indexed 2020-06-22T08:24:25Z
recordtype dc
merged_child_boolean 1
_version_ 1765979481707642880
score 17.538404