Daftar Isi:
  • Jurusan Pendidikan Teknik Sipil berupaya untuk menciptakan lulusan sebagai tenaga kerja yang memiliki keahlian tentunya tidak boleh diabaikan. Upaya untuk mempersiapkan lulusan yang berorientasi pada dunia kerja selain menjadi calon pendidik yang bermutu dan mampu bersaing dengan berbagai lulusan perguruan tinggi lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh optimalisasi bimbingan yang dimiliki mahasiswa prodi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Pendidikan Teknik Sipil S-1 FPTK UPI terhadap keberhasilan mata kuliah Perencanaan Struktur Bangunan Tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif yaitu metode yang mencari dan menjelaskan hubungan dari variabel-variabel yang diteliti. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 95 orang, dengan sampel yang digunakan sebanyak 50% dari populasi yaitu berjumlah 48 orang. Analisis data untuk uji hipotesis dengan rumus uji-t diperoleh t hitung = Hasil penelitian menunjukkan besarnya nilai koefisien korelasi (r = 0,447) dan koefisien determinasi sebesar 20,03 %, maka dapat disimpulkan bahwa keberhasilan mata kuliah Perencanaan Struktur Bangunan Tinggi yang dimiliki mahasiswa prodi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Pendidikan Teknik Sipil S-1 FPTK UPI yang berpengaruh melalui optimalisasi bimbingan dapat dikategorikan optimal Sedang. Kata kunci : Bimbingan ; Keberhasilan PSBT