Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan pemahaman dan respon dari siswa dengan diterapanknya model pembelajaran mastery learning berbantu multimedia menggunakan metode team game tournament pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Objek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 13 Bandung. Berdasarkan hasil dari penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman antara siswa kelompok atas, tengah, dan bawah yang dalam pembelajarannya menggunakan model mastery learning berbantu multimedia dengan menggunakan metode team game tournament. Siswa pada kelompok atas memiliki peningkatan yang lebih baik dibandingkan dengan kelompok tengah dan kelompok bawah. Hal ini dapat dilihat dari nilai gain yang diperoleh oleh masing-masing kelas. Kelas atas memperoleh nilai gain sebesar 0.79, kelas tengah memperoleh nilai gain sebesar 0.63, dan kelas bawah memperoleh nilai gain sebesar 0.51. Dalam penelitian ini, siswa memberi respon yang cukup baik pada penerapan model pembelajaran mastery learning berbantu multimedia menggunakan metode team game tournament. Hal ini dapat dilihat dari hasil angket yang diberikan kepada siswa pada tahap akhir dari penelitian. Kata Kunci : Mastery Learning, Multimedia, Team Game Tournament.