PENGARUH LAGU ANAK-ANAK TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK TUNANETRA KELAS 3 SDLB DI SLBN A CITEUREUP
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lagu anak-anak terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik tunanetra kelas 3 SDLB. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan Single Subject Research (SSR), dengan pola desain tunggal penelitian pada bidang modifikasi perilaku dengan kategori desain dengan pengulangan yaitu A-B-A. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi partisipasi aktif terhadap perilaku yang menunjukkan motivasi belajar. Terdapat tiga fase dalam pengumpulan data, pertama adalah baseline-1 (A-1), kedua adalah Intervensi (B), dan ketiga adalah baseline-2 (A-2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan lagu anak-anak berpengaruh positif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik tunanetra kelas 3 SDLB di SLB Negeri A Citeureup. Pengaruh positif tersebut terlihat dari meningkatnya mean level pada setiap fasenya, mulai dari fase baseline-1 (A-1), fase intervensi (B) dan fase baseline-2 (A-2). Penggunaan lagu anak-anak di dalam pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas 3 SDLB sehingga dapat dijadikan pertimbangan oleh pendidik atau pihak sekolah serta lingkungan yang mendukung pembelajaran peserta didik.