MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SARAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN BERBASIS VCT BERBANTUAN MEDIA KERTAS GULUNG (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas III SDN Panyingkiran 3 Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang)

Main Author: Rahayu, Yuni
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.upi.edu/37603/1/S_PGSD_1506558_Title.pdf
http://repository.upi.edu/37603/2/S_PGSD_1506558_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/37603/3/S_PGSD_1506558_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/37603/4/S_PGSD_1506558_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/37603/5/S_PGSD_1506558_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/37603/6/S_PGSD_1506558_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/37603/7/S_PGSD_1506558_Appendix.pdf
http://repository.upi.edu/37603/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran Bahasa Indonesia pada data awal menunjukkan adanya kekurangan pada aktivitas dan hasil belajar siswa dalam materi menulis saran. Hal itu terjadi karena pemilihan model pembelajaran yang kurang tepat, sehingga meskipun pembelajaran sudah dilakukan secara maksimal namun hasil belajar belum mencapai tujuan pembelajaran. Permasalahan yang ditemukan pada data awal menjadi latar belakang dilakukannya penelitian dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada semua ranah dalam materi menulis saran. Penelitian ini dilakukan di kelas III SDN Panyingkiran 3 Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus dengan subjek penelitian berjumlah 35 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu pedoman observasi, pedoman wawancara, catatan lapangan, soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada ranah afektif siklus I diperoleh 63% siswa mendapat kriteria baik, siklus II diperoleh 80% siswa mendapat kriteria baik, siklus III diperoleh 100% siswa mendapat kriteria baik. Pada ranah kognitif siklus I diperoleh 43% siswa yang tuntas, siklus II diperoleh 63% siswa yang tuntas, siklus III diperoleh 91% siswa yang tuntas. Pada ranah psikomotor siklus I diperoleh 26% siswa yang tuntas, siklus II diperoleh 43% siswa yang tuntas dan siklus III diperoleh 86% siswa yang tuntas. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan Model Pembelajaran Bermain Peran Berbasis VCT Berbantuan Media Kertas Gulung dapat meningkatkan keterampilan menulis saran siswa kelas III SDN Panyingkiran 3 Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang. Kata kunci: Model Pembelajaran Bermain Peran Berbasis VCT Berbantuan Media Kertas Gulung, keterampilan menulis, saran.