PERBANDINGAN PENERAPAN MODUL PEMBELAJARAN MANDIRI SECARA BERKELOMPOK DAN INDIVIDUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN IPA BIOLOGI DI SMP BERBASIS EDMODO
Daftar Isi:
- Penelitian penerapan modul pembelajaran mandiri secara berkelompok dan individual dalam pelajaran IPA Biologi di SMP berbasis EDMODO pada siswa terdampak bencana didasari untuk memberikan fasilitas untuk siswa agar tetap belajar saat terdampak bencana. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Baleendah yang merupakan salah satu sekolah di kabupaten bandung yang sering terdampak bencana banjir, dengan tujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa melalui penerapan modul pembelajaran mandiri secara berkelompok dan individual dalam pelajaran IPA Biologi di SMP berbasis EDMODO. Penelitian menggunakan metode Quasi eksperiment dengan menggunakan postest design. Sampel penelitian menggunakan dua kelas VII dipilih secara random sampling sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil uji statistika didapatkan hasil nilai signifikansi dari hasil nilai postest Sig. (2-tailed) 0,577 dan hasil nilai LKS Sig. (2-tailed) 0,260 kedua hasil tersebut >0,05 yang artinya tidak ada perbedaan yang signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak ditemukan perbedaan hasil belajar secara signifikan pada kelompok belajar mandiri secara berkelompok dan secara individual, sehingga dalam kondisi terdampak bencana siswa dapat belajar secara berkelompok ataupun secara individual.-- Research on the self-directed learning application module on EDMODO-based Biology lessons both in groups and individual at Junior High School on disaster affected students was arranged to provide facilities for student to be able to learn under disaster conditions. This research was conducted at 1 Junior High School Baleendah which is one of the schools often affected by flood, with the aim to know the comparison of students' learning outcomes through self-directed learning application both in groups and individually on EDMODO-based Biology subject in Junior High School. The research used Quasi experiment method by using posttest design. The study sample was chosen by random sampling as class experiment on two classes of seventh grade. Based on the statistical test, the significance value resulted from the result of posttest was Sig. (2-tailed) 0,577 and the value of LKS was Sig. (2-tailed) 0.260 both of these results was > 0.05 which means there is no significant difference. The conclusion of this study is that there are no significant differences in learning outcomes in self directed learning in groups and individually, hence students can learn in groups or individually in disaster-affected conditions.