PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR ANALISIS SISWA: Studi Kuasi Eksperimen di Kelas X IIS SMA Negeri 1 Haurgeulis Kabupaten Indramayu Pada Masalah Ekonomi
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap kemampuan berpikir analisis siswa dalam mata pelajaran ekonomi dengan materi konsep masalah ekonomi dalam system ekonomi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes tertulis yang berbentuk pilihan ganda. Analisis data menggunakan uji t (independent sample t test). Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berpikir analisis pada kelas eksperimen setelah diberikan perlakuan berupa model pembelajaran kooperatif tipe group investigation lebih baik dibandingkan sebelum diberikan perlakuan dengan peningkatan pada kategori sedang, serta kemampuan bepikir analisis siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan metode model pembelajaran kooperatif tipe group investigation lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah bervariasi.;-- This research aims to determine and analyze the effect of Group Investigation method on analyze ability in students in economic subjects with subject matter of economic fundamental in economic system. The research method using experiment quasi with nonequivalent control group design. Subject of this research is the students of class X IPS 3 as the experiment class and class X IPS 2 as the control class. The research instrument is written test with multiple choice shaped. Data analysis using t test (independent sample t test). Results of this research show that analyze ability of student in the experiment class after the application of group investigation method better than before the aplication with improvement in the moderate category, and then analyze ability of student in the experiment class using group investigation method better than class control that using lecturing method.