ctrlnum 3578
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.upi.edu/3578/</relation><title>KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA VIDEO KERUSAKAN LINGKUNGAN DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PARAGRAF PERSUASIF PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 24 BANDUNG</title><creator>Puspita, Dian</creator><subject>Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia</subject><description>Penelitian yang berjudul &#x201C; Keefektifan Penggunaan Media Video Kerusakan Lingkungan dalam Pembelajaran Menulis Paragraf Persuasif pada Siswa Kelas X SMA Negeri 24 Bandung&#x201D; dilakukan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media video kerusakan lingkungan dalam pembelajaran menulis paragraf persuasif siswa. Penelitian ini diawali dengan perumusan masalah yaitu. 1) bagaimana kemampuan awal menulis paragraf persuasif siswa sebelum menggunakan media video kerusakan lingkungan pada kelas eksperimen?; 2) bagaimana kemampuan akhir menulis paragraf persuasif siswa setelah menggunakan media video kerusakan lingkungan pada kelas eksperimen?; 3) Adakah pengaruh yang signifikan penerapan media video kerusakan lingkungan terhadap pembelajaran menulis paragraf persuasif siswa?. Hipotesis penelitian ini yaitu terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan menulis paragraf persuasif siswa sebelum dan sesudah diterapkan media video kerusakan lingkungan, sehingga media video kerusakan lingkungan efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis paragraf persuasif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan tes awal dan tes akhir untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah SMA Negeri 24 Bandung dengan sampel kelas X-8 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-1 sebagai kelas kontrol. Sampel dari masing-masing kelas sebanyak 30 orang. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata hasil tes awal kelas eksperimen yaitu 54,7 dan nilai rata-rata hasil tes akhir yaitu 65,93. Sementara dari kelas kontrol, diperoleh nilai rata-rata hasil tes awal 55,63 dan nilai rata-rata hasil tes akhir 62,73. Dari nilai rata-rata tersebut dapat dilihat bahwa kelas eksperimen mengalami peningkatan lebih besar yaitu 11,23 poin dibanding kelas kontrol yang mengalami peningkatan sebesar 7,10 poin. Sementara itu, dari hasil uji hipotesis diperoleh t hitung (2,64) sedangkan t tabel (2,406) sehingga dapat dinyatakan bahwa t hitung (2,64) &gt; t tabel (2,406). Artinya terdapat perbedaan pada kemampuan menulis paragraf persuasif siswa sebelum dan sesudah diterapkan media video kerusakan lingkungan.</description><date>2013-11-28</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/3578/1/S_IND_0902361_Title.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/3578/2/S_IND_0902361_Abstract.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/3578/3/S_IND_0902361_Table%20of%20Content.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/3578/4/S_IND_0902361_Chapter1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/3578/5/S_IND_0902361_Chapter2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/3578/6/S_IND_0902361_Chapter3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/3578/7/S_IND_0902361_Chapter4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/3578/8/S_IND_0902361_Chapter5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/3578/9/S_IND_0902361_Bibliography.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/3578/10/S_IND_0902361_Appendix.pdf</identifier><identifier> Puspita, Dian (2013) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA VIDEO KERUSAKAN LINGKUNGAN DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PARAGRAF PERSUASIF PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 24 BANDUNG. S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia. </identifier><recordID>3578</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Puspita, Dian
title KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA VIDEO KERUSAKAN LINGKUNGAN DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PARAGRAF PERSUASIF PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 24 BANDUNG
publishDate 2013
topic Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
url http://repository.upi.edu/3578/1/S_IND_0902361_Title.pdf
http://repository.upi.edu/3578/2/S_IND_0902361_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/3578/3/S_IND_0902361_Table%20of%20Content.pdf
http://repository.upi.edu/3578/4/S_IND_0902361_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/3578/5/S_IND_0902361_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/3578/6/S_IND_0902361_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/3578/7/S_IND_0902361_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/3578/8/S_IND_0902361_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/3578/9/S_IND_0902361_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/3578/10/S_IND_0902361_Appendix.pdf
http://repository.upi.edu/3578/
contents Penelitian yang berjudul “ Keefektifan Penggunaan Media Video Kerusakan Lingkungan dalam Pembelajaran Menulis Paragraf Persuasif pada Siswa Kelas X SMA Negeri 24 Bandung” dilakukan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media video kerusakan lingkungan dalam pembelajaran menulis paragraf persuasif siswa. Penelitian ini diawali dengan perumusan masalah yaitu. 1) bagaimana kemampuan awal menulis paragraf persuasif siswa sebelum menggunakan media video kerusakan lingkungan pada kelas eksperimen?; 2) bagaimana kemampuan akhir menulis paragraf persuasif siswa setelah menggunakan media video kerusakan lingkungan pada kelas eksperimen?; 3) Adakah pengaruh yang signifikan penerapan media video kerusakan lingkungan terhadap pembelajaran menulis paragraf persuasif siswa?. Hipotesis penelitian ini yaitu terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan menulis paragraf persuasif siswa sebelum dan sesudah diterapkan media video kerusakan lingkungan, sehingga media video kerusakan lingkungan efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis paragraf persuasif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan tes awal dan tes akhir untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah SMA Negeri 24 Bandung dengan sampel kelas X-8 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-1 sebagai kelas kontrol. Sampel dari masing-masing kelas sebanyak 30 orang. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata hasil tes awal kelas eksperimen yaitu 54,7 dan nilai rata-rata hasil tes akhir yaitu 65,93. Sementara dari kelas kontrol, diperoleh nilai rata-rata hasil tes awal 55,63 dan nilai rata-rata hasil tes akhir 62,73. Dari nilai rata-rata tersebut dapat dilihat bahwa kelas eksperimen mengalami peningkatan lebih besar yaitu 11,23 poin dibanding kelas kontrol yang mengalami peningkatan sebesar 7,10 poin. Sementara itu, dari hasil uji hipotesis diperoleh t hitung (2,64) sedangkan t tabel (2,406) sehingga dapat dinyatakan bahwa t hitung (2,64) > t tabel (2,406). Artinya terdapat perbedaan pada kemampuan menulis paragraf persuasif siswa sebelum dan sesudah diterapkan media video kerusakan lingkungan.
id IOS14013.3578
institution DEFAULT
institution_type library:public
library
library DEFAULT
collection DEFAULT
city DEFAULT
province DEFAULT
repoId IOS14013
first_indexed 2020-06-22T08:23:42Z
last_indexed 2020-06-22T08:23:42Z
recordtype dc
merged_child_boolean 1
_version_ 1765979355487404032
score 17.538404