Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan multimedia interaktif Biologi SMA Kelas X pada materi Virus, Fungi, dan Monera (Archaebacteria dan Eubacteria) yang ditinjau dari aspek media dan aspek pedagogik. Metode penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Multimedia interaktif yang dianalisis, yaitu lima Compact Disc (CD) interaktif Biologi SMA Kelas X yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Kelima CD interaktif yang dipilih merupakan CD interaktif yang memiliki materi Virus, Fungi, Monera (Archaebacteria dan Eubacteria), CD interaktif tersebut digunakan di Sekolah Menengah Atas (SMA) maupun CD interaktif yang dijual pada toko buku atau perusahaan di Kota Bandung, serta software tersebut berupa program dalam bentuk Macromedia Flash. Pemilihan materi berdasarkan karakteristik materi yang bersifat abstrak dan sulitnya dalam memvisualisasikan konsep Virus, Monera, dan Fungi. Data dijaring dengan lembar kategori yang berisi indikator penilaian multimedia interaktif pada aspek media dan aspek pedagogik yang dimodifikasi dari Jurnal Crozat et al. (1999) dan Saputro (2012). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas multimedia interaktif pada materi Virus, Fungi, Monera (Archaebacteria dan Eubacteria) yang dianalisis pada aspek media memperoleh skor sebesar 81,662% dengan kategori sangat baik. Sedangkan pada aspek pedagogik multimedia interaktif memperoleh data skor 54,605% dengan kategori cukup dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci: Compact Disk (CD), Multimedia Interaktif, Aspek Pedagogik, Aspek Media