PENGARUH PERMAINAN EGRANG DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI TERHADAP KESEIMBANGAN SISWA SMA PGII 2 BANDUNG
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh signifikan permainan tradisional egrang terhadap keseimbangan siswa SMA PGII 2 Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Dalam metode ini penulis melakukan suatu percobaan dengan memberikan perlakukan berbeda terhadap dua kelompok sampel. Kelompok A diberi pengajaran pembelajaran dengan menggunakan enggrang, sedangkan kelompok B menggunakan batok kelapa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik random sampling. Sampel terdiri 15 orang siswa kelas XI–A dan 15 orang siswa kelas XI–B SMA PGII 2 Bandung. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes awal dan tes akhir keseimbangan Standing Stork Test – Blind dari Arnot R and Gaines C (1984). Dari hasil pengolahan data diperoleh thitung = 2,48 < ttabel = 1,190 maka 2,48 > 1,190 dengan demikian hipotesis nol (Ho) ditolak. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data, terungkap adanya pengaruh signifikan dari pembelajaran permainan tradisional terhadap keseimbangan siswa SMA PGII 2 Bandung. Dalam hal ini, siswa kelas XI–A yang diberi pembelajaran permainan egrang memiliki keseimbangan yang lebih baik dibandingkan dengan siswa XI–B yang diberi pengajaran pembelajaran permainan batok kelapa. Kata Kunci : Egrang, Standing Stork Test-Blind, keseimbangan.