ctrlnum 35141
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.upi.edu/35141/</relation><title>ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV SD NEGERI BLOK I CILEGON SEBAGAI BAHAN AJAR MENULIS KARANGAN</title><creator>nuriani, rini</creator><subject>LB1501 Primary Education</subject><description>Menulis ialah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengungkapkan perasaan, ide-ide dan gagasan menjadi sebuah tulisan. lewat tulisan, seseorang akan menuangkan apa yang ada didalam pikirannya sesuai isi hati dan pikirannya. Karangan adalah salah satu bentuk dari hasil menulis yang memiliki berbagai jenis. Narasi, deskripsi, argumentasi, dan eksposisi adalah jenis dari karangan. Supaya karangan memiliki tujuan dan makna yang tepat, ada beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam menulis karangan. Diantaranya adalah penggunaan ejaan seperti huruf kapital, tanda baca, dan morfem da nada banyak aspek kebahasaan lainnya. Dari aspek tersebut sangat berpengaruh terhadap hasil karangan yang dibuat. Faktanya, dari hasil analisis yang dilakukan, karangan yang dibuat oleh siswa di sekolah dasar kekeliruan masih terdapat dalam penulisannya baik dipenggunaan huruf kapital, tanda baca dan juga morfem. Hasil analisis tersebut dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar dalam menulis karangan, yang mana didalamnya terdapat aspek-aspek yang diperlukan untuk membuat karangan yang baik dengan tujuan agar mengurangi dan memperbaiki kesalahan yang dilakukan siswa dalam menulis karangan. Metode yang dipergunakan ialah analisis isi yang mana menganalisis dokumen berupa karangan narasi siswa SD Negeri Blok I Cilegon yang berjumlah 25 karangan. Dari hasil analisis yang dilakukan, menunjukan bahwa: (1) ditemukannya kesalahan dalam penggunaan huruf kapital, diantaranya adalah penggunaan huruf kapital pada penulisan judul karangan (sebanyak 5,43%), kesalahan dalam penulisan awal kalimat (sebanyak 15,03%), kesalahan pada tengah kalimat (32,24%) kesalahan penulisan nama orang (sebanyak 5,97%), kesalahan nama hari/bulan (sebanyak 1,08%), kesalahan nama geografi (sebanyak 1,26%). (2) ditemukannya kesalahan dalam penggunaan tanda baca, diantaranya adalah pengunaan tanda titik (10,50%), tanda koma (sebanyak 23,18%), tanda tanya (sebanyak 0,54%), tanda seru (sebanyak 1,63%), dan tanda hubung (sebanyak 0,90%). (3) ditemukannya kesalahan dalam penulisan morfem, diantaranya prefiks (sebanyak 1,45%), infiks (sebanyak 0%), suffix (0%) dan konfiks (sebanyak 0,72%). (4) bahan ajar dalam menulis karangan yang dibuat dari hasil analisis karena dapat memenuhi prinsip relevansi, prinsip konsistensi, dan prinsip kecukupan.</description><date>2018-07-25</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/35141/1/1.%20S_KDSERANG_1400068_Title.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/35141/2/2.S_KDSERANG_1400068_Table_of_Content.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/35141/3/3.%20S_KDSERANG_1400068_Abstract.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/35141/4/4.%20S_KDSERANG_1400068_Chapter1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/35141/5/5.%20S_KDSERANG_1400068_Chapter2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/35141/6/6.%20S_KDSERANG_1400068_Chapter3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/35141/7/8.%20S_KDSERANG-1400068_Chapter5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/35141/8/9.%20S_KDSERANG_1400068_Bibliography.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/35141/9/7.%20S_KDSERANG_1400068_Chapter4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/35141/10/10.%20S_KDSERANG_1400068_Appendix.pdf</identifier><identifier> nuriani, rini (2018) ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV SD NEGERI BLOK I CILEGON SEBAGAI BAHAN AJAR MENULIS KARANGAN. S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia. </identifier><recordID>35141</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author nuriani, rini
title ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV SD NEGERI BLOK I CILEGON SEBAGAI BAHAN AJAR MENULIS KARANGAN
publishDate 2018
topic LB1501 Primary Education
url http://repository.upi.edu/35141/1/1.%20S_KDSERANG_1400068_Title.pdf
http://repository.upi.edu/35141/2/2.S_KDSERANG_1400068_Table_of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/35141/3/3.%20S_KDSERANG_1400068_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/35141/4/4.%20S_KDSERANG_1400068_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/35141/5/5.%20S_KDSERANG_1400068_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/35141/6/6.%20S_KDSERANG_1400068_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/35141/7/8.%20S_KDSERANG-1400068_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/35141/8/9.%20S_KDSERANG_1400068_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/35141/9/7.%20S_KDSERANG_1400068_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/35141/10/10.%20S_KDSERANG_1400068_Appendix.pdf
http://repository.upi.edu/35141/
contents Menulis ialah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengungkapkan perasaan, ide-ide dan gagasan menjadi sebuah tulisan. lewat tulisan, seseorang akan menuangkan apa yang ada didalam pikirannya sesuai isi hati dan pikirannya. Karangan adalah salah satu bentuk dari hasil menulis yang memiliki berbagai jenis. Narasi, deskripsi, argumentasi, dan eksposisi adalah jenis dari karangan. Supaya karangan memiliki tujuan dan makna yang tepat, ada beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam menulis karangan. Diantaranya adalah penggunaan ejaan seperti huruf kapital, tanda baca, dan morfem da nada banyak aspek kebahasaan lainnya. Dari aspek tersebut sangat berpengaruh terhadap hasil karangan yang dibuat. Faktanya, dari hasil analisis yang dilakukan, karangan yang dibuat oleh siswa di sekolah dasar kekeliruan masih terdapat dalam penulisannya baik dipenggunaan huruf kapital, tanda baca dan juga morfem. Hasil analisis tersebut dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar dalam menulis karangan, yang mana didalamnya terdapat aspek-aspek yang diperlukan untuk membuat karangan yang baik dengan tujuan agar mengurangi dan memperbaiki kesalahan yang dilakukan siswa dalam menulis karangan. Metode yang dipergunakan ialah analisis isi yang mana menganalisis dokumen berupa karangan narasi siswa SD Negeri Blok I Cilegon yang berjumlah 25 karangan. Dari hasil analisis yang dilakukan, menunjukan bahwa: (1) ditemukannya kesalahan dalam penggunaan huruf kapital, diantaranya adalah penggunaan huruf kapital pada penulisan judul karangan (sebanyak 5,43%), kesalahan dalam penulisan awal kalimat (sebanyak 15,03%), kesalahan pada tengah kalimat (32,24%) kesalahan penulisan nama orang (sebanyak 5,97%), kesalahan nama hari/bulan (sebanyak 1,08%), kesalahan nama geografi (sebanyak 1,26%). (2) ditemukannya kesalahan dalam penggunaan tanda baca, diantaranya adalah pengunaan tanda titik (10,50%), tanda koma (sebanyak 23,18%), tanda tanya (sebanyak 0,54%), tanda seru (sebanyak 1,63%), dan tanda hubung (sebanyak 0,90%). (3) ditemukannya kesalahan dalam penulisan morfem, diantaranya prefiks (sebanyak 1,45%), infiks (sebanyak 0%), suffix (0%) dan konfiks (sebanyak 0,72%). (4) bahan ajar dalam menulis karangan yang dibuat dari hasil analisis karena dapat memenuhi prinsip relevansi, prinsip konsistensi, dan prinsip kecukupan.
id IOS14013.35141
institution DEFAULT
institution_type library:public
library
library DEFAULT
collection DEFAULT
city DEFAULT
province DEFAULT
repoId IOS14013
first_indexed 2020-06-22T08:35:45Z
last_indexed 2020-06-22T08:35:45Z
recordtype dc
merged_child_boolean 1
_version_ 1765981075089129472
score 17.538404