PENGARUH MINAT BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJARSISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF DI SMK PASUNDAN 3 BANDUNG
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Pasundan 3 Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat minat belajar siswa, gambaran kelengkapan fasilitas belajar siswa, gambaran tingkat prestasi belajar siswa,seberapa besar pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar siswa, seberapa besar pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajarsiswa dan seberapa besar pengaruh minat belajar dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Pasundan 3 Bandung. Penelitian ini menggunakan metode eksplanatory survey. Instrumen yang digunakan adalah angket model skala likert yang dimodifikasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dan regresi ganda. Anggota populasi berjumlah 40 orang. Berdasarkan hasil penelitian kepada siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Pasundan 3 Bandung, di dapatkan informasi bahwa secara parsial, minat belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswadan fasilitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa, secara simultan, minat belajar dan fasilitas belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Secara garis besar keadaan minat belajar siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Pasundan 3 Bandung termasuk pada kategori cukup tinggi dan keadaan fasilitas belajar siswapun termasuk pada kategori cukup lengkap. Uji korelasi dengan menggunakan Pearson Product Moment menunjukkan terdapat korelasi rendah (0.3302) antara minat belajar dengan prestasi belajar siswa, juga terdapat korelasi cukup kuat (0,4046) antara fasilitas belajar dengan prestasi belajar siswa. Sedangkan uji korelasi ganda menunjukkan terdapat korelasi cukup kuat (0,4538) antara minat belajar dan fasilitas belajar dengan prestasi belajar siswa.