Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari pendekatan bermain dalam pembelajaran pendidikan jasmani adaptif terhadap keterampilan gerak dasar siswa tunanetra low vision di SLB Negeri A Citeureup Cimahi yang berjumlah 5 orang, dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 5 orang dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu sampel jenuh, yang berarti seluruh populasi dijadikan sampel. Instrumen yang digunakan untuk keterampilan gerak dasar yaitu TGMD-2 (Test of Gross Motor Skill-2). Berdasarkan pengolahan dan analisis data yang diperoleh dapat diketahui nilai signifikannya adalah 2,132 dengan hasil pengujian locomotor 3,396 dan hasil pengujian objek kontrol 3,27628. Karena nilai signifikan lebih besar dari 2,132 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan bermain berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan gerak dasar siswa tunanetra low vision;--- The purpose of this research is to know whether there is significant influence from play approach in learning of adaptive physical education to basic motion skills of students with visual impairment of low vision in SLB Negeri A Citeureup Cimahi which amounts to 5 people, and the sample in this research are 5 people using the technique of taking samples are saturated samples, which means the entire population is sampled. The instrument used for basic motion skills is TGMD-2 (Test of Gross Motor Skill-2). Based on the processing and analysis of data obtained can be seen significant value is 2.132 with locomotor test results 3.396 and test object control results 3.27628. Because the significant value is greater than 2.132 then H0 is rejected and H1 is accepted. So it can be concluded that the application of play approach significantly influence the basic motion skills of students with visual impairment low vision