EVALUASI HASIL BELAJAR PELATIHAN MIKROKONTROLER BAGI SISWA SMKN 12 BANDUNG
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini karena kurangnya ketersediaan alat praktikum yang membuat siswa kesulitan untuk mengerti dan mengaplikasikan hasil yang telah dipelajari. Oleh karena itu dibuatlah suatu kerjasama antara SMKN 12 Bandung dan Departemen Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan UPI, untuk melakukan pelatihan mikrokontroler di Laboratorium Elektronika Dasar FPTK, UPI. Pelatihan tersebut dilakukan untuk menunjang kreaktivitas dalam kegiatan siswa SMKN 12 Bandung. Selain itu Tujuan dari penelitian ini yaitu agar prestasi siswanya meningkat setelah mengikuti pelatihan mikrokontroler. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode one-group pretest-posttest design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan adanya penguatan (gain) hasil belajar siswa sebesar 27 % memang tidak terlihat peningkatan yang signifikan, namun tetap menjadi acuan adanya peningkatan belajar dari treatment yang sudah dilakukan. Hasil penelitian juga dapat menjadi rekomendasi guru di sekolah dalam penggunaan alat peraga atau trainer kit khusunya pada pembelajaran mikrokontroler, dengan mengacu pada hasil penelitian yang memperlihatkan peningkatan hasil belajar siswa.