Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan bermain dalam pembelajaran pendidikan jasmani adaptif terhadap peningkatan keterampilan gerak lokomotor siswa tunagrahita sedang di SLB Muhammadiyah Cipedes Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan bermain. Desain dalam penelitian ini menggunakan the-one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMPLB tunagrahita yang termasuk kedalam kelompok sedang (C1) sebanyak 10 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah test gross motor development-second edition (TGMD-2). Hasil pengolahan data dan pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung 33,857 > ttabel 2,093. Kesimpulannya adalah pendekatan bermain dalam pembelajaran penjas adaptif memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan keterampilan gerak lokomotor siswa tunagrahita sedang di SLB Muhammadiyah Cipedes Bandung.