Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan melalui angket dan hasil tes tertulis menunjukkan bahwa hambatan belajar yang dialami peserta didik pada materi Tekanan Zat Cair masih cukup tinggi. Melalui angket diperoleh sebanyak 44,45% peserta didik dan 66,66% peserta didik mengalami hambatan belajar pada materi Tekanan Zat Cair. Pembelajaran yang dilakukan di kelas sebaiknya bisa mengurangi atau bahkan menghilangkan hambatan belajar yang dialami oleh peserta didik. Maka sangat penting sekali mempertimbangkan respon yang mungkin muncul ketika pembelajaran dalam menyusun rencana pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat desain didaktis berdasarkan analisis hambatan belajar siswa kelas VIII SMP pada materi Tekanan Zat Cair. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan desain penelitiannya adalah Penelitian Desain Didaktis (Didactical Design Research). Hasil dari penelitian adalah desain didaktis materi Tekanan Zat Cair dengan urutan konsep massa jenis, Hukum Archimedes, Tekanan Hidrostatis, dan yang terakhir adalah Hukum Pascal. Kata Kunci : hambatan belajar, desain didaktis, tekanan zat cair ABSTRACT Based on preliminary studies, through questionnaire and test showed the learning obstacle experienced by students is still high. Through questionnaires obtained 44.45% of the students and through tests obtained 66.66% of students experiencing learning obstacle on the liquid’s pressure. Learning in the class should be able to reduce or even elimate learning obstacle experience by students. Then it is very important to consider the responses that may come when we create lesson plan. The purpose of this research is to make didactical design based on learning obstacle of eighth grade students in junior high school. The method used in this research is descriptive qualitative with design research is didactical design research. The result of this research is didactical design of liquid’s pressure with sequence are density, Archimedes’s law, hydrostatic pressure, and the last is Pascal’s law Keywords: learning obstacle, didactical design, liquid’s pressure