HUBUNGAN ANTARA OPTIMISME DENGAN SELF-REGULATED LEARNING DALAM MENYELESAIKAN SKRIPSI PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan optimisme dengan selfregulated learning pada mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia dalam menyelesaikan skripsi. Partisipan dalam penelitian ini adalah 126 mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi dari beberapa Departemen di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan metode korelasional. Instrumen yang digunakan adalah Life Orientation Test-Revised (LOT-R) untuk mengukur optimisme dan Motivated Strategies for Learning-Questionnaire (MSL-Q) untuk mengukur self-regulated learning. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif yang rendah antara optimisme dengan self-regulated learning. Adapun saran dari penelitian ini untuk peneliti selanjutnya agar dapat mengembangkan penelitian ini dengan mencari pengaruh dari kedua variabel tersebut dan mencari variabel moderator atau variabel mediasi terhadap variabel optimisme dengan self-regulated learning.---------- This study conducted to know the relationship of optimism and self-regulated learning among students of Faculty of Education Sciences Universitas Pendidikan Indonesia in completing thesis. Participants in this study were 126 students who ware completing the thesis of several Departments in the Faculty of Education Sciences University of Indonesia Education. This research method using correlational method. The instruments used were Life Orientation Test-Revised (LOT-R) to measure optimism and Motivated Strategies for LearningQuestionnaire (MSL-Q) to measure self-regulated learning. The results show that there is a low positive correlation between optimism with self-regulated learning. The suggestions of this research for the next researcher in order to develop this research by looking for the influence of both variables and looking for moderator variable or mediation variable to the optimism variable with self-regulated learning.