Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 3 Bandung. Permasalahan yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah belum optimalnya kinerja guru meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran sampai dengan evaluasi pembelajaran. Fokus kajiannya diarahkan pada faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru. Keterampilan manajerial dan budaya mutu merupakan faktor yang diduga memiliki pengaruh terhadap kinerja guru. Oleh karena itu, penelitian mengkaji tiga variabel yaitu keterampilan manajerial kepala sekolah (X1), budaya mutu (X2) dan kinerja guru (Y). Penelitian ini menggunakan metode survey. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Responden adalah guru SMK Negeri 3 Bandung sebanyak 90 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa keterampilan manajerial kepala sekolah berada pada kategori tinggi. Budaya mutu berada pada kategori tinggi dan kinerja guru di SMK Negeri 3 Bandung berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil analisis regresi, diperoleh hasil bahwa keterampilan manajerial kepala sekolah dan budaya mutu baik secara parsial maupun simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Kata kunci : keterampilan manajerial, budaya mutu, kinerja guru The problems under research is the low performance of teachers at SMK Negeri 3 Bandung. This finding is based on planning of learning, implementation of learning and evaluation of learning. The focus of the study is directed to factors which affecting teacher performance. The principal’s managerial skills and quality culture are factors that are suspected to have an effect on teacher performance. Therefore, the study examined three variables, that are principal’s managerial skills (X1), quality culture (X2) and teacher performance (Y). This research used survey method. Data collection techniques used questionnaires. Respondents are 90 teachers of SMK Negeri 3 Bandung. Data analysis technique using regression. The results of data analysis show that the principal’s managerial skills are in the high category. Quality culture is in the high category and the performance of teachers in SMK Negeri 3 Bandung is in the high category. Based on the result of regression analysis, it is obtained that the principal’s managerial skill and quality culture of both partially and simultaneously have positive and significant influence on teacher performance. Keywords: managerial skills, quality culture, teacher performance